No image available for this title

TEXT

(HUKUM) Hukum kedokteran



Hukum adalah peraturan yang mengatur dan melarang tingkah laku atau perbuatan sesame manusia, alam dan hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa supaya tercipta rasa adil, aman,tertib, dn sejahtera. Negara reunlik Indonesia pada pasal pasal 1 ayat 3 yang berbunyi “Indonesia adalah Negara hukum”. Negara hukum Indonesia adalah Negara hukum kesejahteraan sesuai teori Negara hukum dari professor Kranenburg, bahwa Negara hukum menurut F. J. Stahl mempunyai syarat menjamin hak asasi manusia, ada pembagian kekuasaan, Negara berdasar hukum, dan ada peradilan administrasi Negara.
Hak asasi manusia adalah hak dasar yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia yang bersifat kodrati, universal, dan abadi. Negara wajib melindungi dan menjunjung tinggi hak asasi manusia warga negaranya. Hak asasi manusia dalam kesehatan adalah hak mendapat informasi dan hak menentukan nasib sendiri. Pasien, dokter, paramedic, pemerintah wajib menjunjung tinggi hak asasi manusia dalam mendapatkan dan melayani kesehatan yang maksimal dan paripurna.
Buku hukum kedokteran ini membahas tentang landasan hukum atas pelayanan kesehatan bak promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitative. Pasien dan dokter mempunyai hak dan kewajiban yang harus dijunjung tinggi oleh kedua belah pihak dalam pelayanan kesehatan yang sejajar/seimbang dalam berkontrak karena sifat hubungan dokter dengan pasien adalah horizontal kontraktual.


Ketersediaan

0002817SR 346.063 MUN h c.1Perpustakaan Pusat UBL (Di Rak Kelas 300)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SR 346.063 MUN h c.1
Penerbit Alfabeta : Bandung.,
Deskripsi Fisik
viii + 132 hlm.; 16 x 24 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-289-332-5
Klasifikasi
346.063
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this