Image of Perspektif Ilmu Politik

TEXT

Perspektif Ilmu Politik



Perspektif Ilmu Politik merupakan karya yang berisi beragam perspektif, yang menunjukkan karakteristik ilmu politik yang tumbuh dalam rumpun ilmu sosial. Buku ini mengemukakan pandangan, formulasi, dan definisi yang beragam terhadap istilah politik (politics) serta adanya berbagai pendekatan terhadap politik sebagai fenomena sosial (kemasyarakatan) yang sudah lama menjadi telaah filosofis dan studi ilmiah. Keragaman itu tentu, bersumber dari perspektif (sudut pandang) yang berbeda-beda dari para filsuf, ilmuwan, dan/atau pakar dalam memahami dan menjelaskan fenomena politik yang diamati, diteliti, dikaji, dan diungkapkan dalam berbagai publikasi. Perbedaan perspektif itu selain dapat disebut sebagai kelemahan ilmu politik, tetapi juga sekaligus merupakan kekuatannya yang telah membuatnya selalu menarik, aktual, dan dinamis.

Adanya beragam perspektif tersebut tergambar pada adanya perbedaan pendapat tentang fokus telaah ilmu politik, yang sekurang-kurangnya terdapat lima fokus yang berbeda, yaitu: (1) negara, (2) kekuasaan, (3) pengambilan keputusan, (4) kebijakan, dan (5) pembagian atau alokasi.

Buku ini menyajikan paparan tentang ilmu politik yang diperkaya dengan beberapa aspek ilmu komunikasi seperti opini publik yang merupakan salah satu kekuatan politik yang sangat penting dalam sistem politik demokrasi. Dipaparkan juga tentang peran komunikasi dalam sistem politik, kampanye politik, dan kebebasan informasi publik.

Meskipun buku ini dimaksudkan terutama untuk mahasiswa ilmu komunikasi, yang mempelajari ilmu politik, namun buku yang ke-45 (edisi kedua) yang ditulis oleh Anwar Arifin ini diperuntukkan juga kepada semua mahasiswa dan peminat lainnya yang ingin memahami beragam perspektif dalam ilmu politik. Buku ini juga akan bermanfaat dalam mengisi khazanah ilmu pengetahuan.


Ketersediaan

0016102SR 320 ANW p c.1Perpustakaan Pusat UBL (Di Rak Kelas 300)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SR 320 ANW p
Penerbit Pustaka Indonesia : Jakarta Pusat.,
Deskripsi Fisik
186 hlm + xii, 15 x 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-25-3840-3
Klasifikasi
320
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this