Image of Dasar-dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi

TEXT

Dasar-dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi



Buku Dasar-Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi Edisi Ketiga ini disusun sebagai acuan bagi mahasiswa teknik elektro yang sedang mengikuti kuliah teknik tegangan tinggi, terutama yang sedang mengikuti praktikum teknik tegangan tinggi. Buku ini juga bermanfaat bagi mahasiswa dan sarjana fisika yang melakukan penelitian tentang sifat-sifat listrik material dielektrik. Para teknisi industri juga perlu mempelajari buku ini untuk digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan pengujian tegangan tinggi terhadap peralatan listrik yang diproduksi, sebagai acuan dalam pengujian peralatan pasangan baru, maupun sebagai acuan dalam pemeliharaan rutin peralatan listrik yang sudah beroperasi.

Buku Edisi Ketiga ini merupakan revisi dari edisi sebelumnya. Perubahan dilakukan pada beberapa bagian, di antaranya Sub-bab 2.6 mengenai Efek Kondisi Udara. Di Bab 3 ditambahkan sub-bab mengenai mekanisme tembus listrik udara. Sub-bab 6.2 mengenai Sela Picu juga mengalami perubahan yang cukup signifikan. Bab 7 mengalami banyak perubahan, di antaranya pada Sub bab 7.1 mengenal Alat Ukur Elektroda Bola Standar, dan pembahasan lebih mendalam pada Sub bab 7.3 mengenal Pembagi Tegangan Kapasitif. Kemudian dilakukan penambahan berupa Sub-bab 7.8 mengenal Pengukuran Dengan Mikroammeter dan Sub-bab 7.9 mengenai Pengukuran Dengan Elektroda Batang-Batang. Penulis juga melakukan perubahan pada Sub-bab 8.2 mengenal Pengukuran Resistansi Material Isolasi Padat dan pada Sub-bab 9.8 mengenal Pengujian Peralatan Hubung-Buka.

Daftar Isi Singkat:
Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Pengujian Tegangan Tinggi
Bab 3 Sifat-sifat Listrik Material Isolasi
Bab 4 Pembangkit Tegangan Tinggi AC
Bab 5 Pembangkit Tegangan Tinggi DC
Bab 6 Pembangkit Tegangan dan Arus Tinggi
Bab 7 Pengukuran Tegangan dan Arus Tinggi Impuls
Bab 8 Pengujian Material Isolasi
Bab 9 Pengujian Peralatan Tenaga Listrik
Lampiran

Buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang mendalami gejala-gejala tegangan tinggi dan kuat medan elektrik tinggi serta gejala arus dan tegangan tinggi yang berubah cepat maupun arus dan tegangan tinggi dalam keadaan statis dan stasioner. Di dalam buku ini dibahas teknik pembangkitan tegangan dan arus untuk eksperimen tegangan tinggi tersebut, baik untuk pengujian peralatan tegangan tinggi maupun untuk simulasi gejala-gejala yang timbul dalam peralatan tegangan tinggi, serta simulasi gejala-gejala lain yang diperlukan dalam pengembangan perangkat keras sistem tenaga listrik. Demikian juga teknik pengukuran besaran yang perlu direkam dan diketahui dibahas secara komprehensif.
Buku ini bukan saja bermanfaat bagi mahasiswa perguruan tinggi, tetapi juga berguna pula bagi para profesional yang bekerja di bidang terkait tegangan tinggi dan kuat medan tinggi, di lingkungan industri peralatan tegangan tinggi maupun di lingkungan sistem tenaga listrik yang sehari-harinya mengoperasikan dan memeriksa peralatan-peralatan sistem tenaga listrik.
Prof. Dr.-Ing. K. Tunggul Sirait (Pensiunan Guru Besar ITB dan Guru Besar di UKI)


Ketersediaan

0034027SR 621.3 BON d c.1Perpustakaan Pusat UBL (Di Rak Kelas 600)Tersedia
0034028SR 621.3 BON d c.2Perpustakaan Pusat UBL (Di Rak Kelas 600)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
621.3 BON d
Penerbit Erlangga : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
216 hlm; 17.50 x 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-434-209-8
Klasifikasi
621
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Edisi 3
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this