Perpustakaan Pusat UBL

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • ejurnal
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title
Penanda Bagikan

Computer File

(E-SKRIPSI) ANALISIS EFEKTIFITAS RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SEPEDA MOTOR PADA SIMPANG BERSINYAL TUGU ADIPURA BANDAR LAMPUNG

Ketut Anggar Sae Prima - Nama Orang;

Penumpukan sepeda motor yang tidak beraturan selama fase merah sangat
berpengaruh pada penurunan kinerja persimpangan, karena penumpukan ini
memenuhi ruas jalan dan mulut-mulut persimpangan selama fase merah. Perlu
dilakukan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi hal tersebut, dengan cara
memberikan ruang henti khusus (RHK) untuk sepeda motor. Tujuan yaitu dengan
memisahan sepeda motor dengan kendaraan lain. Hal ini dih arapkan mampu
mengurangi hambatan yang berasal dari sepeda motor, sehingga dapat
meningkatkan arus lalu lintas yang dilewatkan pada waktu nyala hijau
dipersimpangan bersinyal.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode studi keterisian
RHK Simpan g yang dilakukan dengan cara melihat jumlah kendaraan roda dua
yang masuk kedalam area merah (RHK) pada setiap fase lampu merah selama dua
jam dan dua waktu sibuk dan non-sibuk. Survei selama waktu studi dilakukan oleh
1 orang pengamat dan 1 orang pencatat. Dalam penelitian ini juga dilakukan dengan
metode Studi Keterisian RHK hanya diisi Kendaraan Roda Dua.
Persentase keterisian RHK pada simpang Tugu Adipura masih kurang
berhasil diterapkan. Pada Jalan Raden Intan keterisian RHK di jam sibuk pagi hanya
44,4% dengan tingkat keterisian hanya oleh sepeda motor sebesar 89% dan jam
sibuk sore keterisian RHK hanya 46% dengan tingkat keterisian hanya oleh sepeda
motor sebesar 89%. Sedangkan pada JalanDiponegoro keterisian RHK di jam sibuk
pagi hanya 42% dengan ti ngkat keterisian hanya oleh sepeda motor sebesar 100%
dan jam sibuk sore keterisian RHK hanya 52% dengan tingkat keterisian hanya oleh
sepeda motor sebesar 93%. Tingkat keterisian RHK terhadap kapasitas di simpang
tugu adipura jauh dari kata berhasil hal ini terjadi karena ketidaktertiban pengguna
RHK yang kurang tersusun rapih dan sejajar sehingga keterisian kotak merah (red
box) kurang maksimal.
Kata kunci : Penumpukan Sepeda Motor, RHK, Metode Keterisian


Ketersediaan
#
Perpustakaan Pusat UBL (Di Rak Kelas 600) REF 620 KET a 18055
FT 18055
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
REF 620 KET a
Penerbit
Universitas Bandar Lampung : Fakultas Teknik UBL., 2018
Deskripsi Fisik
92 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
620
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Teknik Sipil
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ir. Hi. A. Ikhsan Karim, M.T.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pusat UBL
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?