Jembatan Gantung Kutai Kartanegara: Dari Desain dan Konstruksi hingga Runtuhnya Tragis. Kutai Kartanegara merupakan jembatan yang melintasi Sungai Mahakam dan merupakan jembatan gantung terpanjang tipe K di Indonesia dengan total panjang 710 meter dan bentang hingga 270 meter. Dibutuhkan waktu 5 tahun untuk membangun jembatan ini. Setelah mengabdi lebih dari 10 tahun, upaya perbaikan dan pera…
Jembatan merupakan prasarana transportasi darat untuk meneruskan jalan melalui rintangan yang ada seperti jalan, sungai, rel kereta api, lembah, teluk serta laut. Jembatan merupakan elemen penting yang menjaga konektivitas sistem jaringan jalan. Jembatan yang belum terbangun atau yang runtuh akan menyebabkan putusnya konektivitas tersebut. Buku ini mendeskripsikan berbagai kasus kejadian kerun…
Jembatan merupakan prasarana transportasi darat untuk meneruskan jalan melalui rintangan yang ada seperti sungai, rel kereta api, lembah, teluk, laut bahkan melintasi jalan yang banyak kita jumpai di daerah perkotaan. Jembatan merupakan elemen penting yang menjaga konektivitas sistem jaringan jalan. Jembatan yang belum terbangun atau yang runtuh akan menyebabkan putusnya konektivitas tersebut. …
Buku ini disusun dengan tujuan mengembangkan teknik pemeriksaan jembatan yang lebih efektif dan efisien. Metode pemeriksaan yang ada selama ini berupa pemeriksaan visual dan pemeriksaan yang menggunakan alat yang cukup menyita waktu dan biaya, sedangkan jumlah jembatan yang harus diinspeksi semakin bertambah jumlahnya. Oleh karena itu metoda pemeriksaan yang lebih sederhana, tetapi menghasilaka…
Sampai dengan buku ini diterbitkan belum ada protokol inspeksi yang baku, namun setiap jembatan kemudian dilakukan inspeksi ulang untuk mengetahui tingkat kondisi seiring dengan waktu operasinya, termasuk penentuan tingkat kondisi yang belum jelas diatur dan didifinisikan sehingga sangat tergantung pada tingkat pemahaman dari inspektur jembatan. Upaya penyempurnaan sistem inspeksi jembatan sec…