(SKRIPSI) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Makanan Ringan Pada Home Industri Snack Robbani di Pringsewu
ABSTRAKrnHome industri Snack Robbani Pringsewu, merupakan usaha di bidang usaha makanan ringan, berdiri pada tahun 2001 di desa mataram kecamatan Gading Rejo Pringsewu. Masalah yang dialami pada penelitian ini yaitu jumlah produk yang tidak terjual rata-rata cenderung meningkat, pencapaian target dan perkembangan volume penjualan mengalami fluktuasi cenderung meningkat namun peningkatanya masih lebih kecil daripada peningkatan biaya promosi dan biaya saluran distribusi. Berdasarkan masalah tersebut permasalahan dalam penelitian ini yaitu Apakah Produk, Harga, Saluran Distribusi dan Promosi berpengaruh terhadap keputusan Pembelian konsumen dalam membeli produk makanan ringan pada Home Industri Snack Robbani Pringsewu?. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu Untuk mengetahui pengaruh Produk, Harga, Saluran Distribusi, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian konsumen pada Home Industri Snack Robbani Pringsewu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Desain penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan sampel sebanyak 100 konsumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan penyebaran kuisioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif dan inferensial. Metode deskriptif menggunakan analisis pencapaian skor rill dan kategorinya sedangkan analisis inferensial menggunakan hasil uji outer models dan inner models menggunakan alat Smartpls. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa rata-rata jawaban responden menjawab setuju pada setiap item pernyataan masing-masing variabel. Berdasarkan hasil analisis Coeficient Path data menunjukan bahwa msing-masing variabel X memberikan kontribusi terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) yaitu Produk (X1) memberikan kontribusi sebesar 47%. Harga (X2) memberikan kontribusi sebesar 26%. Saluran distribusi (X3) memberikan kontribusi sebesar 19% . dan sedangkan Promosi (X4) memberikan kontribusi sebesar 7%. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa nilai t-Statistics pada variabel Produk (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y) memiliki nilai t hitung sebesar 4,200300 > t tabel pada α = 0,05 dan df = n-k-1 sebesar 1,645. Ini berarti variabel Produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Selanjutnya variabel Harga (X2) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y), memiliki nilai t hitung sebesar 3,222718> t tabel 1,645. Ini berarti variabel Harga berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Selanjutnya variabel Saluran Distribusi (X3) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y), memiliki nilai t hitung sebesar 2,506045> t tabel 1,645. Ini berarti variabel Saluran Distribusi (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). variabel Promosi (X4) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) memiliki nilai t hitung sebesar 0,663488< t tabel 1,645. Ini berarti variabel Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis 1, 2 dan 3 diterima, sedangkan hipotesis 4 ditolak.rnKata Kunci : Produk, Harga, Saluran Distribusi, Promosi dan Keputusan Pembelian.rn
Tidak tersedia versi lain