TEXT
Sosiologi dan Komunikasi Organisasi
Ada semacam "aksioma organisasi", bahwa setiap pendekatan interaksi antarpersonal, relasi, transaksi, dan komunikasi antarpersonal terhadap
organisasi sekaligus menggambarkan semacam realitas perilaku individu dan sosial yang telah terjadi secara fungsional dan struktural
dalam organisasi. Tidaklah mengherankan jika studi tentang "organisasi" dan "teori organisasi" telah menunjukan kreativitas yang luar biasa
selama lebih kurang 100 tahun terakhir. Bahkan kini studi-studi tentang organisasi telah memasuki sebuah "etape" baru dimana cakupan studi
ini harus dipandang dari pelbagai perspektif yang bersifat antardisiplin.
Buku berjudul " Sosiologi & Komunikasi Organisasi" ini menampilkan dua pendekatan terhadap organisasi, yaitu pendekatan "sosiologi" dan
"komunikasi". Buku ini sekaligus menampilkan telaah sosiologi yang peduli dan berusaha memahami keberadaan, "self" dan " identitas" yang mensifati
perkumpulan manusia (human association) dalam apa yang disebut "organisasi". Sementara itu, komunikasi harus dapat dipandang sebagai ilmu yang
mempelajari seluruh rangkaian pengiriman dan pertukaran pikiran, perasaan dan tindakan yang mempelajari seluruh rangkaian pengiriman dan
pertukaran pikiran, perasaan dan tindakan antarmanusia dalam organisasi-ketika organisasi itu berbeda dalam sebuah konteks
sosial atau sosiologi itu sendiri. Inilah pandangan dan motivasi dasar yang mendorong terbitnya buku berjudul "Sosiologi & Komunikasi
Organisasi" yang bertujuan agar para pembaca dapat menyimak keberadaan dan kebermaknaan organisasi, baik secara sosiologis
maupun komunikatif.
Tidak tersedia versi lain