TEXT
Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi
Sistem pendidikan nasional menegaskan bahwa, proses pembelajaran penidikan Pancasila diarahkan untuk terlaksana secara berkesinambungan,
baik sejak pada satuan pendidikan dasar, menengah am\\maupun pendidikan tinggi.
Pada satuan pendidikan tinggi, proses pembelajaran dari pendidikan Pancasila ditingkatkan kualitasnya pada setiap domain baik afektif, kognitif
maupun psikomotorik; agar pembentukan sikap dan perilaku pribadi-pribadi yang pancasilais sampai pada tingkat paripurna sebelum terjun
ke dalam dunia kerja dan masyarakt.
Peserta didik harus menyadari bahwa dalam mempraktikan ilmu, pengetahuan dan teknologi sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan
internal diri pribadi maupun eksternal dari kehidupan masyarakat. Faktor dan perilakunya, hal ini dipengaruhi oleh aspek fisik jasmaniah
maupun aspek non fisik rohaniah dari orang yang bersangkutan. Kedua aspek inilah yang merupakan sumber nilai bagi pembentukan,
pemeliharaan dan pengembangan jati dirinya yang pada akhirnya diaktualisasikan dalam bentuk sikap dan perilakunya.
Tidak tersedia versi lain