(E-Skripsi) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MINAT MENGINAP KONSUMEN DI HOTEL SHERATON DI BANDAR LAMPUNG
Defri Vezianta, 13121050, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan
Minat Menginap Konsumen di Hotel Sheraton di Bandar Lampung, Di bawah bimbingan
Dr. Hasan Basrie. M.Psi. Tebal 59 halaman, 9 Tabel dan 1 gambar.
Menyadari perkembangan hotel yang pesat di Bandar Lampung para pengusaha
hotel semakin dituntut untuk mengenali perilaku konsumen untuk kemudian
menyesuaikan kemampuan perusahaan dengan kebutuhan konsumen.Nilai lebih yang
ditawarkan para perusahaan hotel semakin memberikan kemantapan kepada calon
konsumen untuk bertransaksi atau mendorong para konsumen lama untuk bertransaksi
kembali.
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas
pelayanan di Hotel Sheraton Bandar Lampung, untuk mengetahui keputusan minat
menginap konsumen di Hotel Sheraton Bandar Lampung dan untuk mengetahui pengaruh
kualitas pelayanan terhadap keputusan minat menginap konsumen di Hotel Sheraton
Bandar Lampung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi atau obyek penelitian ini
adalah pengunjung Hotel Sheraton di Bandar Lampung yang memakai fasilitas dan jasa
hotel tersebut dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang.
Hasil penelitian menunjukkan hasil persamaan tersebut menunjukkan bahwa
kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan searah terhadap keputusan minat
menginap konsumen, dimana setiap terjadi peningkatan satu nilai pada variabel kualitas
pelayanan maka keputusan minat menginap konsumen akan meningkat sebesar 0.457
satuan. Hasil Uji-t didapatkan nilai thitung yaitu = 5,597. Apabila dibandingkan dengan ttabel
pada taraf nyata 95% dan α = 0,05 yaitu 2,19 maka thitung = 5,597 > ttabel = 2,19 sehingga
dapat disimpulkan bahwa: Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh kualitas
pelayanan terhadap keputusan minat menginap konsumen di Hotel Sheraton Bandar
Lampung
Saran, keputusan konsumen paling besar dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Oleh
karena itu kualitas pelayanan harus lebih ditingkatkan. Selain itu, seperti fasilitas,
pelayanan, kebersihan, kenyamanan, keamanan dan sebagainya haruslah selalu terkontrol
dengan baik sehingga berjalan dengan lancar dan dapat memberikan kepuasan kepada
konsumen dan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Pihak Hotel Sheraton Bandar
Lampung harus lebih memperhatikan kualitas pelayanan agar lebih menarik bagi
konsumen karena pada dasarnya sebuah hoel memang memprioritaskan kualitas
pelayanan jasa sebagai sesuatu untuk dijual pada konsumen.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Keputusan Minat Menginap
Tidak tersedia versi lain