(E-Skripsi) PENGARUH PENATAAN ARSIP DAN KOMPETENSI PETUGAS ARSIP TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA SUB BAGIAN TATA USAHA DI KANTOR PT.ANGKASA PURA II (PERSERO) SOEKARNO HATTA
Pelayanan adalah kunci keberhasilan dalam berbagai kegiatan yang bersifat jasa.
Suatu layanan dikatakan berhasil apabila petugas arsip tersebut dapat memberikan
informasi yang ada pada arsip dan pemberian arsipnya secara cepat dan tepat.
Berhasil tidaknya suatu layanan sangat tergantung pada unsur pelaksanaan atau
petugas yang melaksanakan kegiatan layanan tersebut. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah adakah pengaruh penataan arsip dan kompetensi petugas
arsip terhadap kualitas pelayanan di Kantor PT.Angkasa Pura II (Persero)
Soekarno Hatta Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada
tidaknya pengaruh penataan arsip dan kompetensi petugas arsip terhadap kualitas
pelayanan di Kantor PT.Angkasa Pura II (Persero) Soekarno Hatta Tangerang.
Populasi penelitian ini adalah pegawai Kantor PT.Angkasa Pura II (Persero)
Soekarno Hatta Tangerang selain pegawai yang berada pada sub bagian tata
usaha. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan populasi sehingga
sampel penelitian ini adalah populasi itu sendiri dengan jumlah responden 40
ii
pegawai. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu Penataan arsip
(X1), Kompetensi petugas arsip (X2), dan kualitas Pelayanan (Y).
Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda yang dihitung dengan
menggunakan SPSS diperoleh Y = 19,067 + 0,099X1 + 0,789X2. Hasil uji parsial
diperoleh thitung 0,706 dan thitung = 8,900 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka ini
berarti ada pengaruh dari masing-masing variabel yaitu penataan arsip dan
kompetensi petugas arsip terhadap kualitas pelayanan di Kantor PT.Angkasa Pura
II (Persero) Soekarno Hatta Tangerang. Hasil uji simultan diperoleh Fhitung sebesar
44,810 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka ini berarti ada pengaruh penataan
arsip dan kompetensi petugas arsip secara bersama-sama terhadap kualitas
pelayanan di Kantor PT.Angkasa Pura II (Persero) Soekarno Hatta Tangerang.
Kesimpulan bahwa secara parsial maupun simultan penataan arsip dan kompetensi
petugas arsip berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di
Kantor PT.Angkasa Pura II (Persero) Soekarno Hatta Tangerang. Saran bagi
penelitian ini adalah bagi petugas arsip diharapkan dapat meningkatkan
pemahaman tentang kearsipan dalam mewujudkan kualitas pelayanan dan
diharapkan dapat lebih memperhatikan penataan asrip sesuai sistem yang lebih
efektif dan efisien. Pihak Kantor diharapkan memperhatikan tempat dan sarana
kearsipan yang lebih baik supaya pengarsipan yang dibutuhkan instansi bisa
tertata dengan rapi.
Kata kunci: Penataan Arsip, Kompetensi Petugas Arsip, Kualitas Pelayanan.
Tidak tersedia versi lain