(E-Skripsi) ANALISIS STRATEGI BISNIS SMARTFREN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI BANDAR LAMPUNG
Banyaknya penyelenggara operator selular di Indonesia dengan berbagai macam
produk yang ditawarkan, maka perusahaan operator berlomba-lomba dalam
memenangkan persaingan bisnis untuk menciptakan keunggulan bersaing,
sehingga dapat menempatkan perusahaan pada posisi teratas (market leader),
sekaligus mampu mempertahankan posisi tersebut. Salah satu perusahaan yang
harus mempertahankan strateginya yang sudah di terapkan dalam
perusahaannya yaitu perusahaan Smartfren. Smarfren merupakan perusahan yang
berada pada posisi terendah itu sebabnya dalam upaya memandu perkembangan
industri telekomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah strategi yang digunakan Smartfren sudah tepat untuk menghadapi
persaingan bisnis .Data yang digunakan untuk peneitian ini adalah data sekunder
dan primer, yang diperoleh dari hasil wawacara baik langsung maupun kuesioner,
hasil pengamatan langsung di lapangan, laporan tertulis, serta data-data dari
literature seperti buku, internet dan artikel. Data disajikan secara deskriptif
kualitaitif untuk mengetahui lingkungan eksternal dan internal. Perolehan
alternatif strategi didapatkan dari evaluasi matriks SWOT. Berdasarkan hasil
analisis matriks IFE dan EFE, diketahui bahwa strategi yang di implementasikan
Smarfren di Bandar Lampung sudah sangat baik. Salah satu strategi yang
diterapkan oleh Smartfren adalah Smartfren sudah melakukan ekspansi kepasar
baru, membangun jaringan untuk bisnis digital, bandling dengan produk iphone
dan samsung, menigkatkan kualitas layanan customer service, menjaring
konsumen dari berbagai bidang dengan cara diversifikasi harga, dan melakukan
peningkatan layanan data.
Kata kunci: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Matriks IFE, (Internal Factor
Evaluation) Matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation), Matriks IE, Matriks
SWOT
Tidak tersedia versi lain