(E- SKRIPSI) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI
Mahasiswa sukses hidup tidak hanya dipengaruhi kecerdasan intelektual (IQ) saja, tapi juga dipengaruhi oleh kecerdasan lain seperti kecerdasan emosional (emotional intellegence / EQ). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional mempengaruho tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional diukur dari kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial, sedangkan tingkat pemahaman akuntansi diukur berdasarkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi. Pengambilan sampel populasi sekitar 110. Data diperoleh melalui metode kuesioner skala linkert. Pengambilan sampel menggunakan metode analisis linier sederhana. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial; sedangkan variabel yang ditaati adalah tingkat pemahaman siswa. Data yang diperoleh didukung oleh perangkat lunak SPSS 13. Berdasarkan hasil, dari lima hipotesis dinyatakan, hipotesis 1, 2, 3, 4, dan 5 diterima yang menyatakan bahwa kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial memiliki pengaruh. Untuk tingkat pemahaman akuntansi siswa. Banyak faktor kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari individu, dalam hal ini adalah siswa. Misalnya faktor depresi mental, lingkungan hubungan sosial, trauma kegagalan, masalah pribadi, aktivitas di luar kampus (kerja), budaya atau biasa juga disebabkan oleh belajar perilaku siswa.
Tidak tersedia versi lain