(E-SKRIPSI) ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, LIKUIDITAS, UMUR LISTING TERHADAP INTERNET FINANCIAL REPORTING (IFR) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016
Seiring dengan berkembangnya teknologi internet dimanfaatkan oleh
perusahaan sebagai media komunikasi dengan investor. Internet digunakan perusahaan
untuk melaporkan informasi keuangan atau biasa disebut Internet Financial Reporting
(IFR). Penggunaan IFR diharapkan mampu meningkatkan komunikasi perusahaan
dengan stakeholder, khususnya investor agar lebih cepat mengakses infomasi keuangan
perusahaan. Penggunaan IFR juga digunakan perusahaan untuk memberikan informasi
mengenai keunggulan-keunggulan perusahaan. Informasi yang diberikan perusahaan
merupakan sinyal positif untuk menarik para investor.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh Ukuran
Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Umur Listing terhadap Internet
Financial Reporting. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data
sekunder berupa data perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Sampel yang digunakan berjumlah 94 perusahaan manufaktur yang dipilih dengan
metode purposive sampling dengan periode penelitian tahun 2016. Metode analisis
yang digunakan yaitu regresi linier berganda.
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah variabel Ukuran
Perusahaan, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Internet Financial
Reporting. Sedangkan variabel likiuditas, Leverage, Umur Listing tidak berpengaruh
signifikan terhadap Internet Financial Reporting.
Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Umur
Listing, Internet Financial Reporting
Tidak tersedia versi lain