(E-SKRIPSI) ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PROGRAM KEMITRAAN PT PERKEBUNAN NUSANTARA VII DALAM PERKEMBANGAN UKM MITRA BINAAN DI BANDAR LAMPUNG
Annisa Dwi Anggraini 14121043 “Analisis Penerapan Strategi Program Kemitraan PT Perkebunan Nusantara VII Dalam Perkembangan UKM Mitra Binaan di Bandar Lampung”. Program Studi S-1 Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Bandar Lampung 2018. Pembimbing Bapak Dr. M.Oktaviannur, MM. Program Kemitraan merupakan bagian dari corporate social responsibilty (tanggung jawab perusahaan) yang merupakan bagian dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang dilakukan oleh PTPN VII. Program Kemitraan ini digunakan oleh perusahaan sebagai suatu alat atau cara untuk meningkatkan kesejahteraan disekitar usaha perusahaan melalui kemitraan usaha kecil menengah yang dilakukan oleh perusahaan untuk masyarakat. Program ini diberikan tentunya untuk membantu perekonomian masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan strategi atau langkah yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengembangkan UKM masyarakat sekitar dengan program kemitraan, mengetahui dan menganalisis usaha yang dilakukan PKBL dalam mengatasi macetnya angsuran, serta mengetahui dampak yang ditimbulkan dari program kemitraan terhadap kondisi sosial ekonomi usaha kecil menengah masyarakat sekitar perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, interview bebas terpimpin, dan observasi. Setelah keseluruhan data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, PTPN VII sangat memiliki peran yang begitu besar dalam membantu permodalan usaha kecil masyarakat sekitar, mendorong pertumbuhan kerakyatan di tengah-tengah masyarakat, sebagai pelaksana program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) dan membina mitra binaan melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada mitra binaan. Dari program yang sudah diberikan oleh perusahaan tersebut, telah memberikan dampak sosial ekonomi terhadap usaha kecil yang berada di sekitar masyarakat berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola usaha kecil menengah dan peningkatan pendapatan pada usaha serta membaiknya taraf kehidupan di masyarakat.
Kata Kunci : Strategi Program Kemitraan, Perkembangan UKM
Tidak tersedia versi lain