(E-SKRIPSI) PENGARUH KARAKTERISTIK MEREK, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN KARAKTERISTIK MEREK PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS MEREK KOSMETIK LIPSTIK WARDAH PADA MAHASISWI UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG
Saat ini perkembangan industri kosmetik di Indonesia berkembang pesat. Potensi-potensi dalam
industri kosmetik menimbulkan persaingan dalam industri tersebut. Agar perusahaan dapat bertahan
diperlukan adanya inovatif sehingga menghasilkan produk yang diinginkan konsumen. Kosmetik Wardah
merupakan salah satu kosmetik yang terkenal di Indonesia yang memiliki berbagai jenis produk. Salah
satunya yaitu lipstik Wardah yang memiliki 9 varian jenis.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah karakteristik merek, karakteristik perusahaan
dan karakteristik merek pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas merek kosmetik lipstik wardah pada
mahasiswi Universitas Bandar Lampung? Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh karakteristik
merek, karakteristik perusahaan dan karakteristik merek pelanggan terhadap loyalitas merek Kosmetik
Lipstik Wardah pada Mahasiswi Universitas Bandar Lampung.
Hipotesis pada penelitian ini adalah karakteristik merek, karakteristik perusahaan dan karakteristik
merek pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas merek Kosmetik Lipstik Wardah pada mahasiswi
Universitas Bandar Lampung. Populasi penelitian ini adalah mahasiswi yang menggunakan lipstik
Wardah. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis
deskriptif dengan menggunakan skor, uji hipotesis menggunakan uji Parsial dan Simultan, dan analisis
kuantitatif menggunakan regresi linier berganda serta analisis Determinasi (R2
)
Berdasarkan analisis variabel karakteristik merek, karakteristik perusahaan dan karakteristik
merek pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas merek Kosmetik Lipstik Wardah pada mahasiswi
Universitas Bandar Lampung. Hasil perhitungan analisis determinasi menunjukkan sumbangan
karakteristik merek, karakteristik perusahaan dan karakteristik merek pelanggan berperan dalam
mempengaruhi setiap variabel Y (loyalitas merek) sebesar 56,2%. Sedangkan sisanya sebesar 43,8%
dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji secara parsialdengan uji t dan secara bersama-sama uji f pada
tingkat keercayaan 95% atau dengan nilai = 5% diperoleh semua kepercayaan merek thitung > ttabel maka
Ho ditolak dan Ha diterima dan fhitung > ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa secara
siginfikan karakteristik merek, karakteristik perusahaan dan karakteristik merek pelanggan berpengaruh
terhadap loyalitas merek kosmetik lipstik wardah pada mahasiswi Universitas Bandar Lampung.
Kata Kunci : karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Karakteristik Merek Pelanggan,
Loyalitas Merek.
Tidak tersedia versi lain