(E-SKRIPSI) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN GITAR AKUSTIK YAMAHA PADA ECAYO MUSIC DI BANDAR LAMPUNG
Gita Christy Pitono, Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan
Volume Penjualan Gitar Akustik Yamaha Pada Ecayo Music di Bandar
Lampung, di bawah bimbingan Bapak Prajawantoro., SE., MM, sebagai
Pembimbing Utama. Tebal 107 halaman, 27 tabel, 8 gambar, dan 2 lampiran.
Ecayo Music merupakan sebuah toko alat musik (music showroom) sekaligus
lembaga kursus musik (music school) di kota Bandar Lampung. Ecayo Music
adalah authorized seller atau penjual resmi dari produk alat musik dengan merk
Yamaha, sehingga orisinalitas produk sangat dijamin. Sebagai salah satu usaha
yang berorientasi laba, maka perusahaan melaksanakan kebijaksanaan bauran
perusahaan yang meliputi produk, harga, promosi, dan distribusi. Ecayo Music
yang memiliki 3 outlet di Bandar Lampung ini, didirikan pada tahun 2008.
Permasalahan yang dihadapi oleh Ecayo Music adalah “Apakah Strategi
Pemasaran yang dilaksanakan dalam meningkatkan volume penjualan gitar
akustik Yamaha pada Ecayo Music di Bandar Lampung sudah tepat?”
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang
tepat untuk meningkatkan volume penjualan gitar akustik Yamaha pada Ecayo
Music.
Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis permasalahan yaitu Analisis
SWOT, Matriks BCG, dan Siklus Hidup Produk (PLC).
Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pengkombinasian
strategi SWOT yang paling tepat digunakan oleh Ecayo Music adalah strategi SO
dan ST, dengan total nilai 3,85 dan 3,15. Sementara, pada Matriks IE, diketahui
bahwa diketahui bahwa pertemuan antara total skor analisis internal dengan skor
analisis eksternal berada pada sel 5, yaitu bahwa pertumbuhan dilakukan
konsentrasi melalui strategi jaga dan pertahankan.
Pada Analisis BCG Matriks, diperoleh tingkat pertumbuhan pasar adalah sebesar
15,30% sedangkan untuk pangsa pasar relatif adalah sebesar 0,494. Ecayo Music
berada di dalam posisi Tanda Tanya (Question Mark).
Pada Analisis dengan menggunakan PLC diketahui bahwa bahwa kondisi gitar
akustik Yamaha pada Ecayo Music berada pada Tahap Pertumbuhan berdasarkan
perhitungan menggunakan rumus Polli dan Cook
kata kunci : strategi pemasaran, matriks BCG, analisis SWOT, PLC, volume
penjualan
Tidak tersedia versi lain