(E-SKRIPSI) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN JASA TRANSPORTASI DAMRI BANDAR LAMPUNG
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP
KEPUASAN KONSUMEN JASA TRANSPORTASI DAMRI
BANDAR LAMPUNG
Oleh
SELLY YULIA SARI
Dalam era globalisasi, persaingan dalam transportasi umum yang ada sekarang
ini semakin ketat baik perusahaan transportasi umum milik negara maupun milik
swasta. Dengan banyaknya persaingan perusahaan transportasi, membuat
perusahaan harus mengetahui kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi
yang lebih baik, dan juga lebih meningkatkan kualitas layanan mereka. Dengan
adanya kualitas pelayanan yang baik di dalam suatu perusahaan, akan
menciptakan kepuasan bagi para konsumennya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen jasa transportasi Damri Bandar
Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang digunakan dalam
penelitian ini berupa data primer yang dikumpulkan dari hasil penyebaran
kuesioner kepada 60 responden pengguna Bus Damri di Bandar Lampung.
Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu harga dan kualitas
pelayanan dan variabel terikat yaitu kepuasan konsumen. Metode pengolahan data
menggunakan metode regresi linear berganda.
Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa baik secara parsial maupun
simultan, variabel harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap
variabel kepuasan konsumen.
Kata kunci : harga, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen
Tidak tersedia versi lain