(E-SKRIPSI) ANALISIS STRATEGI BISNIS TOKO CLASSIC AUDIO UNTUK MENGINGKATKAN DAYA SAING YANG BERKELANJUTAN
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bisnis apa yang
dpaat dilakukan untuk meningkatkan daya saing yang berkelanjutan pada penjual
Toko Classic Audio di Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu metode analisis kualitatif, dengan menggunakan alat analisis
SWOT (Strengths, Weakness, Opportunity, And Threats).
Berdasarkan analisis diagram cartesius SWOT dimana usaha Toko Classic Audio
berada pada kuadran I yaitu: Strategi keunggulan biaya (membeli jumlah bahan
baku dalam jumlah banyak dan menekan biaya tenaga kerja), Strategi diferensiasi
(memperbanyak pilihan produk dan meningkatkan kualitas produk,menambahkan
produk jenis makanan, membuka cabang usaha baru dan melakukan usaha
patungan), Strategi fokus (mempertahankan kualitas produk dan selalu menjaga
kebersihan). Skor tertinggi untuk strategi matrik swot yang efektif adalah 3,07,
atau disebut pula sebagai strategi strength opportunity (ST). Strategi ST yang
perlu diterapkan adalah Meningkatkan kualitas produk, Menambah pilihan
produk, Selalu menjaga kebersihan dan menjaga kualitas rasa rpoduk.
Saran yang dapat diberikan adalah : Dalama memperbanyak pilihan produk,
pemilik usaha sebaiknya memperhatikan segi manejemen keuangan. Dalam
menambahkan jumlah pekerja sebaiknya pemilik memperhatikan faktor kerajinan,
disiplin, ramah dan dapat dipercaya.
Kata Kunci: Strategi Bisnis Pedagang Kaki Lima, Strengths, Weakness,
Opportunity dan Threats.
Tidak tersedia versi lain