(E-SKRIPSI) ANALISIS PELAYANAN INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT ABDUL MOELOEK BANDAR LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT
Rumah sakit merupakan salah satu organisasi publik yang berorientasi pada
pelayanan yang bertujuan untuk melayani dan memuaskan masyarakat terutama
pada aspek kesehatan dan memiliki sumber biaya dan legitimasi dari Negara.
Rumah sakit umum daerah termasuk salah satu organisasi sosial yang memiliki
tanggung jawab moral atau akuntabilitas kepada rakyat banyak, dengan demikian
Rumah sakit umum daerah berkewajiban melayani semua golongan masyarakat.
Dalam pelayanan kesehatan, masyarakat sangat membutuhkan pelayanan yang
prima dan efektif, maka dari itu pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit harus
memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelayanan yang
diberikan kepada pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Abdul Moeloek
Bandar Lampung dan apa Faktor-Faktor yang membuat masyarakat menjadi tidak
puas atas pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit. Kemudian Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan masyarakat dalam pelayanan yang di
berikan Rumah Sakit Abdul Moeloek Bandar Lampung.
Untuk tujuan tersebut dilakukan penelitian yang menggunakan metode penelitian
Kualitatif. Penelitian Kualitatif adalah prosedur penelitian yang mengguraikan
data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang
diamati.
Untuk menganalisis dari para informan yaitu menggunakan panduan wawancara
dan observasi langsung kepada objek penelitian . Dari hasil analisis diketahui
bahwa masih terdapat masyarakat yang kurang puas atas pelayanan yang
diberikan oleh pihak rumah sakit hal ini dikarenakan pelayanan yang diberikan
berbelit-belit dan kurang ramah nya petugas rumah sakit terutama di Instalasi
Gawat Darurat Rumah Sakit.
Kata kunci : Pelayanan rumah sakit, kepuasan masyarakat
Tidak tersedia versi lain