(E-SKRIPSI) ANALISIS EFEKTIVITAS KINERJA OMBUDSMAN DALAM MENANGANI PENGADUAN MASYARAKAT PROVINSI LAMPUNG
Terdapat tugas Ombudsman di dalam Undang-undang RI Nomor 37 Tahun
2008 tentang Ombudsman Bab IV Pasal 7 Ombudsman bertugas salah satunya
menerima laporan atas dugaan Maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan
publik dan melakukan upaya pencegahan maladministrasi dalam peyelenggara
pelayanan publik, terkait bidang pencegahan ini anggota Ombudsman
memberikan sosialisasi baik terhadap tokoh-tokoh masyarakat, kampus-kampus,
dan kepala satuan kerja perangkat daerah yang memang langsung memberikan
pelayanan kepada masyarakat.
Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan secara jelas, lengkap dan
sistematis untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas kinerja Ombudsman RI
Perwakilan Provinsi Lampung dalam menangani pengaduan masyarakat Provinsi
Lampung. Untuk mengetahui aspek yang menghambat yang dihadapi
Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung dalam menangani pengaduan
masyarakat provinsi lampung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan teori Efektivitas.
Bahan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif. Populasi penelitian ini semua Asisten di Ombudsman RI Perwakilan
Provinsi Lampung dan sebagian masyarakat yang melakukan pengaduan di
Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan kinerja Ombudsman RI Perwakilan
Provinsi Lampung didalam bidang pencegahan kurang efektif karena adanya
aspek penghambat yaitu kurangnya SDM, terbatasnya anggaran, kurangnya sarana
dan prasarana sehingga kegiatan yang dilakukan ombudsman pun ikut terbatas,
namun didalam bidang penyelesaian laporan dapat dikatakan cukup efektif atau
cukup baik karena jika dilihat dari jumlah laporan yang masuk ditahun 2017 yang
terselesaikan hampir mencapai target.
Kata Kunci: Efektivitas Kinerja, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung,
Maladministrasi, Populasi.
Tidak tersedia versi lain