(E-SKRIPSI) PENGARUH DISIPLIN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA (SATPOL PP) PROVINSI LAMPUNG
Muchlis Yahya, NPM 14 118049, Dengan judul Pengaruh
Disiplin Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Satuan Polisi Pamong
Praja (Satpol-PP) Provinsi Lampung, dibawah bimbingan Malik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah disiplin
pegawai berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik pada Satuan
Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Lampung. (2) Seberapa
besar pengaruh disiplin pegawai terhadap kualitas pelayanan publik
pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Lampung.
Penelitian ini menggunakan metode explanatory survey, sesuai
dengan tujuan penelitian ini yang akan menganalisis pengaruh
variabel disiplin kerja sebagai variabel bebas (independent variable)
terhadap kualitas pelayanan sebagai variabel terikat (dependent
variable). Peneliti menggunakan pendekatan penelitian sesuai dengan
tujuan yang ingin dicapai yaitu selain menggambarkan dan
menjelaskan fakta empirik yang ditemukan di lapangan, juga akan
melakukan analisis pengaruh antar variabel yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Pengukuran terhadap
variabel Disiplin pegawai melalui dimensi-dimensi (1) kehadiran, (2)
kepatuhan jam kerja, (3) patuh terhadap perintah atasan, (4) patuh
dalam menggunakan/memelihara perlengkapan kantor, (5) patuh
mengikuti cara bekerja, (6) kerjasama mempunyai berpengaruh secara
signifikan terhadap kualitas pelayanan pada pada Satuan Polisi
Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Lampung. Hasil penelitian tersebut
menunjukan angka yang berada pada kategori cukup yang berarti
bahwa pelaksanaan disiplin pegawai telah dilakukan, namun belum
optimal sebagaimana yang diharapkan karena belum sepenuhnya
menjalankan sesuai dimensi-dimensi tersebut. Kemudian Kualitas
pelayanan pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi
Lampung telah dilaksanakan, namun belum optimal, Hal tersebut
terjadi karena setiap pelayanan yang dilakukan belum sepenuhnya
sesuai ketentuan yang telah ditentukan, sehingga belum terlaksana
dengan optimal, kemudian masih adanya variabel lain yang
mempengaruhi kualitas pelayanan tetapi tidak diteliti.
Kata Kunci: Disiplin, Kualitas Pelayanan.
Tidak tersedia versi lain