(E-SKRIPSI) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI SEKRETARIAT DPRD KOTA BANDAR LAMPUNG
Nurma Febriyanti, NPM 14118036, Dengan judul Pengaruh Kecerdasan
Emosional Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Sekretariat DPRD
Kota Bandar Lampung, dibawah bimbingan Dr.Hj.Ida Farida.M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah Ada Pengaruh
Kecerdasan Emosional Terhadap Kualitas Pelayanan Publik dan (2) Seberapa
Besar Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di
Sekretariat DPRD Kota Bandar Lampung.
Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif yaitu prosedur atau cara pemecahan masalah dengan cara
menggambarkan atau melukiskan, fenomena, keadaan, peristiwa atau sesuatu
yang sedang berlangsung pada saat sekarang berdasarkan pada fakta – fakta yang
terjadi sebagaimana keadaannya dan dilakukan analisis statistika.Variabel
penelitian merupakan oprasionalisasi konsep, yang terdiri dari dua variabel, yaitu :
Varibael Bebas ( Independent Variable ) ,Variabel Terikat
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional pegawai di
Sekretariat DPRD Kota Bandar Lampung adalah baik yaitu sebesar 81,6 % dari
seluruh pernyataan pada variabel tersebut. Hasil ini mengindikasikan bahwa
kecerdasan emosional pegawai sudah terkelola secara optimal.
Salah satu faktor yang paling memenuhi persentasi interprestasi adalah
kesadaran diri sebesar 86,5% dimana para pegawai di Sekretariat DPRD Kota
Bandar Lampung mayoritas telah memiliki kecakapan dalam pengambilan
keputusan dan kepercayaan diri yang tinggi, namun ada satu faktor yang masih
dominan rendah yaitu sikap empati atau kurangnya kepekaan terhadap orang lain
sebesar 60,5% yang dalam hal ini adalah teman pegawai itu sendiri.
Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kualitas pelayanan
publik pada Sekretariat DPRD Kota Bandar Lampung. Hal ini menunjukkan
bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki seseorang pegawai
yang dalam penelitian ini adalah pegawai di Sekretariat Kota Bandar Lampung
maka akan semakin meningkatkan pula kualitas pelayanan publik yang diberikan.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kualitas Pelayanan Publik
Tidak tersedia versi lain