(E-SKRIPSI) ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX (7P) JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA MEMILIH SLB DHARMA BHAKTI DHARMA PERTIWI DI BANDAR LAMPUNG
SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi di Bandar Lampung merupakan sebuah
lembaga pendidikan swasta untuk anak berkebutuhan khusus. Industri pendidikan
telah mengalami perkembangan yang begitu pesat, sehingga muncul persaingan
yang ketat, Oleh sebab itu pihak lembaga perlu melaksanakan kebijaksanaan
bauran pemasaran jasa pendidikan yang meliputi produk, harga, tempat, promosi,
orang, bukti fisik dan proses. SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi ini sudah
didirikan sejak tahun 1986. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu Untuk
mengetahui pengaruh Produk, Harga, tempat, dan Promosi, orang, bukti fisik, dan
proses terhadap Keputusan Pembelian konsumen pada SLB Dharma Bhakti
Dharma Pertiwi di Bandar Lampung. Jenis penelitian ini yaitu penelitian
kepustakaan dan penelitian lapangan. Desain penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif dengan menggunakan sampel sebanyak 67 responden. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan
penyebaran kuisioner. Dalam penelitian ini menggunakan program SPSS for
Windows versi 19.0.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil regresi linier
bergandaY=2,778+0,367X1+0,424X2+0,247X3+0,179X4+0,021X5+0,019X6+0,157X7
+et maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden memilih faktor
Harga(X2) yang paling besar mempengaruhi keputusan pembelian dengan
koefisien (0,424%). Hasil analisis uji F, nilai Fhitung sebesar 402,890 dengan
signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 menunjukan bahwa secara bersama-sama
variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil
analisis uji T, nilai thitung untuk variabel produk (X1)sebesar 2,544, harga (X2)
sebesar 3,737, tempat (X3) sebesar 2,070 , promosi (X4) sebesar 1,060 , orang
(X5) sebesar 0.930 , bukti fisik (X6) sebesar 0,184, proses (X7) sebesar 2,163
dengan Ttabel sebesar 1,671 menunjukkan bahwa variable produk, harga, tempat,
dan proses mempengaruhi keputusan pembelian, sedangkan variable promosi,
orang, dan bukti fisik tidak mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil Koefisien
Determinasi (adjusted R2
) yang diperoleh sebesar 0,980 itu artinya Keputusan
Pembelian dipengaruhi oleh variabel: produk, harga, tempat, promosi, orang,
bukti fisik, dan proses. Kata kunci : produk, harga, tempat, promosi, orang,
bukti fisik, proses, dan keputusan pembelian.
Tidak tersedia versi lain