(E-SKRIPSI) ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA PEDAGANG BAKSO PANGKALAN ( Studi Kasus pada Bakso Atok di Bandar Lampung)
Andrea Nedrelid, Analisis Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Daya Saing
Pada Pedagang Bakso Pangkalan (Studi Kasus Pada Bakso Atok Di Bandar
Lampung), dibawah bimbingan Dr. M. Oktavianur, SE., MM. selaku
pembimbing.
Usaha Bakso Atok merupakan usaha yang berada di Bandar Lampung, dimana
usaha bakso menghadapi masalah yaitu berfluktuasi dan cenderung menurunnya
jumlah konsumen dari bulan januari 2016 – desember 2016 dengan penurunan
rata-rata sebesar2,76 persen, berfluktuasi dan cenderung menurunnya jumlah
pendapatan Bakso Atok dari bulan januari 2016 – desember 2016 dengan
penurunan rata-rata 2,74 persen dan belum maksimalnya pelayanan yang
diberikan dan belum tepatnya strategi yang dilakukan Usaha Bakso Atok
menyebabkan beberapa konsumen pergi untuk mencari produk substitusi. Dan
permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah :Strategi bisnis apa yang
dapat dilakukan dalam meningkatkan daya saing pada Usaha Bakso Atok di
Bandar Lampung”?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bisnis apa yang dapat
dilakukan dalam meningkatkan daya saing pada Usaha Bakso Atok di Bandar
Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis
kuanlitatif, dengan menggunakan alat analisis SWOT, Matriks BCG, dan Siklus
Usaha Produk (PLC/ Product Life Cycle).
Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh kesimpulan hasil pengkombinasian
strategi yang tepat yaitu Strategi SO dan Strategi WO. Melalui Analisis Matriks
BCG diketahui bahwa Usaha Bakso Atok memiliki tingkat pertumbuhan pasar -
0,81 dan pangsa pasar relatif sebesar 0,62592x yang berada pada posisi anjing
(dog) yang berarti memiliki pangsa pasar rendah dan bersaing dalam pertumbuhan
yang rendah, maka strategi yang dapat dilakukan adalah retrenchment yang
berupa pengurangan asset yang kurang produktif. Melalui Siklus Usaha Produk
(PLC) diketahui bahwa Usaha Bakso Atok berada pada posisi penurunan (decline)
dan yang dapat dilakukan adalah mempertahankan produk lama tetapi dengan
meningkatkan kualitas, citarasa, agar lebih menarik minat konsumen.
Kata Kunci : Analisis SWOT, Matriks BCG, Siklus Usaha Produk (PLC)
Tidak tersedia versi lain