(E-SKRIPSI) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN SEPEDA MOTOR MATIC SUZUKI PADA PT. SUZUKI CENTRE DI BANDAR LAMPUNG
Angelia Lorencia, Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume
Penjualan Sepeda Motor Matic Suzuki Pada PT. Suzuki Centre Di Bandar
Lampung, di bawah bimbingan Bapak Dr. Iskandar AA, S.E., M.M. Tebal 127
halaman +xix, 16 tabel, 8 gambar, dan 13 lampiran.
PT. Suzuki Centre merupakan dealer resmi sepeda motor Suzuki yang ada di Bandar
Lampung, dimana perusahaan menghadapi masalah yaitu fluktuasi penjualan dengan
rata-rata pertumbuhan tahun 2012-2016 adalah -0,98%, serta belum tercapainya
target, varian sepeda motor matic yang kurang, dan market share yang kecil yaitu
20%. Sebagai perusahaan dibidang dealer maka strategi pemasaran penting dilakukan
dalam kaitannya untuk meningkatkan volume penjualan .
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah “Bagaimana strategi
pemasaran yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan sepeda motor matic
Suzuki yang dapat dilakukan oleh PT. Suzuki Centre Bandar Lampung?”.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran
yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan sepeda motor matic Suzuki yang
dapat dilakukan oleh PT. Suzuki Centre Bandar Lampung.
Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis permasalahan yaitu Analisis SWOT,
Matriks BCG, dan Siklus Usaha Produk (PLC/ Product Life Cycle).
Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh kesimpulan hasil pengkombinasian strategi
yang tepat yaitu Strategi SO dan Strategi WO. Melalui Analisis Matriks BCG
diketahui bahwa PT. Suzuki Centre bersaing pada tingkat pertumbuhan pasar 1,006%
dan memiliki pangsa pasar relatif 0,20098x yang berarti perusahaan berada pada
posisi anjing (dog). Strategi yang dapat dilakukan adalah divestasi atau retrenchment
yang berupa pengurangan asset yang kurang produktif. Melalui Siklus Usaha Produk
(PLC) diketahui bahwa produk sepeda motor matic Suzuki berada pada posisi
penurunan (decline) dan strategi yang dapat dilakukan adalah mempertahankan
produk lama tetapi dengan memperbaharui atribut atau bungkus daripada produk
sepeda motor matic agar lebih menarik minat konsumen.
Kata Kunci : Analisis SWOT, Matriks BCG, Siklus Usaha Produk (PLC)
Tidak tersedia versi lain