(E-SKRIPSI) ANALISIS PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR SAMSAT MOBIL KELILING (Studi Pada UPT Badan Pendapatan Daerah Wilayah IV Provinsi Lampung di Bandar Jaya)
Salah satu bentuk pelayanan Samsat yaitu pembayaran pajak atas kepemilikan
dan penguasaan kendaran bermotor atau seringkali disebut PKB. Menurut
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak
Daerah dan Retribusi Daerah, pengertian dari Pajak Kendaraan Bermotor adalah
“pajak yang dipungut oleh daerah atas kepemilikan dan/ atau penguasaan
kendaraan bermotor. Pelayanan merupakan faktor penting bagi setiap instansi. Pelayanan yang baik akan membawa dampak positif bagi instansi begitu juga
sebaliknya apabila instansi memberikan pelayanan yang buruk maka akan
berdampak negatif bagi instansi itu sendiri. Pelayanan yang baik akan membuat
konsumen merasa puas. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pelayanan pajak kendaraan bermotor Samsat mobil keliling pada UPT
Badan Pendapatan Daerah Wilayah IV Bandar Jaya Lampung Tengah
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan pada penelitian ini
adalah wajib pajak di UPT Badan Pendapatan Daerah Wilayah IV Bandar Jaya
Lampung Tengah serta perwakilan UPT yaitu Kepala UPT Badan Pendapatan
Daerah Wilayah IV Bandar Jaya Lampung Tengah, Koordinator Samsat Keliling
dari Dispenda Kabupaten UPT Badan Pendapatan Daerah Wilayah IV Bandar
Jaya Lampung Tengah dan pegawai Dispenda Lampung Tengah. Analisis data
dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Layanan Samsat Keliling merupakan
layanan unggulan yang sangat dibutuhkan masyarakat terutama bagi wajib pajak.
Dengan adanya layanan Samsat keliling ini dapat meningkatkan pelayanan
pembayaran PKB. Layanan unggulan Samsat keliling di Kabupaten UPT Badan
Pendapatan Daerah Wilayah IV Bandar Jaya Lampung Tengah sudah cukup
berhasil dan memberikan kontribusi pelayanan baik bagi masyarakat sebagai
wajib pajak maupun bagi kantor bersama Samsat UPT Badan Pendapatan Daerah
Wilayah IV Bandar Jaya Lampung Tengah. Dalam peningkatan pelayanannya, strategi yang digunakan oleh Samsat Keliling di Kabupaten UPT Badan
Pendapatan Daerah Wilayah IV Bandar Jaya Lampung Tengah diantaranya
dilakukan melalui penerapan sosialisasi, peningkatan Sumber Daya Manusia,
kerjasama dan koordinasi dengan berbagai pihak, peningkatan sarana dan
prasarana, penerimaan keluhan langsung dari masyarakat, dan pengambilan
keputusan yang tepat
Kata Kunci: Pelayanan dan Pajak Kendaraan Bermotor
Tidak tersedia versi lain