(E-SKRIPSI) ANALISIS SISTEM INFORMASI PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR PADA KANTOR IMIGRASI KELAS I BANDAR LAMPUNG
RIYA ANISA. NPM : 14111053. PEMBIMBING AGUSTUTI HANDAYANI,
SKRIPSI ANALISIS SISTEM INFORMASI PELAYANAN PEMBUATAN
PASPOR PADA KANTOR IMIGRASI KELAS I BANDAR LAMPUNG
Penelitian ini membahas tentang Analisis Sistem Informasi Pelayanan Pembuatan
Paspor Pada kantor Imigrasi Kelas I Bandar Lampung. Penelitian ini dilatar
belakangi oleh sebuah permasalahan yang mana masih banyaknya sarana dan
prasarana yang belum cukup dianggap standar penggunaannya. Pelayanan
pegawai yang sudah maksimal seperti pengawasan dan pertanggung jawaban,
hanya saja ada beberapa tanggapan diluar Kantor Imigrasi Kelas I Bandar
lampung yang melahirkan stigma di masyarakat bahwa terdapatnya pengawasan
dan pelayanan yang kurang baik. Anggapan dari masyarakat tersebut belakangan
ini telah di ketahui bahwa penyebab dari kondisi tersebut adalah adanya
keterlibatan calo pada pembuatan paspor, dan juga tidak adanya ketegasan dari
pegawai/petugas. Oleh karena itu pemerintah harus mengambil langkah kongkrit
di dalam menyikapi fenomena tersebut agar pelayanan pengurusan paspor dapat
terimplementasi dengan baik dan mampu memenuhi kepuasan publik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu memberikan
gambaran atau penjelasan yang tepat secara objektif terkait keadaan yang
sebenarnya dari objek yang diteliti. Jenis data yang digunakan terdiri dari data
primer yaitu wawancara dan observasi langsung dilapangan dan data sekunder
yang bersumber dari buku-buku, dokumen/catatan/laporan dan peraturan
perundang-undangan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.
Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan pelaksanaan Layanan
Pelayanan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Bandar Lampung dengan kondisi
sarana dan prasarana yang kurang dianggap baik sehingga menghambat proses
pelayanan paspor. Dari segi waktu atau banyak antrian pendaftaran masyarakat
yang ingin membuat paspor juga banyak belum memahami cara mendaftar nomor
antrian melewati cara online agar tidak mengantri panjang. Namun, dimensi,
accurance, responsiveness, empathy pegawai dapat dikatakan berkualitas.
Kata Kunci : Sistem Informasi, Pelayanan Pegawai.
Tidak tersedia versi lain