(E-SKRIPSI) ANALISIS STRATEGI BISNIS UMKM UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Pada Usaha Aneka Keripik “Rona Jaya” Di Bandar Lampung)
Analisis Strategi Bisnis UMKM Untuk Meningkatkan Daya Saing (Studi
Pada Usaha Aneka Keripik Rona Jaya Di Bandar Lampung)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis yang dapat dilakukan
untuk meningkatkan daya saing pada Usaha Aneka Keripik Rona Jaya di Bandar
Lampung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
penyebaran kuisioner pada pemilik usaha Aneka Keripik Rona Jaya dan dua usaha
pesaing. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis SWOT
(Strenght, Weakness, Opportunity, and Threat) dan Analisis PLC (Product Life
Cycle).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Usaha Aneka
Keripik Rona Jaya belum tepat. Berdasarkan analisis matrik SWOT dan diagram
cartesius SWOT dihasilkan strategi SO (Strenght-Opportunity) mempunyai skor
nilai tertinggi yaitu 4,34 dan berada pada kuadran I (Growth Agresif)dan
berdasarkan analisis PLC menunjukkan bahwa posisi Usaha Aneka Keripik Rona
Jaya berada pada tahap kedewasaan (Maturity)
Kata Kunci : Strategi Bisnis, UMKM, SWOT, PLC dan Daya Saing
Tidak tersedia versi lain