(E-SKRIPSI) ANALISIS PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BENGKEL CAHAYA SAKTI MOTOR DI BANDAR LAMPUNG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara fasilitas dan pelayanan
terhadap kepuasan konsumen pada Bengkel Cahaya Sakti Motor Di Bandar
Lampung. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah fasilitas (X1) dan
pelayanan (X2) sebagai variabel bebas dan kepuasan konsumen (Y) sebagai
variabel terikat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 89
responden dari seluruh konsumen yang ada di Bengkel Cahaya Sakti Motor Di
Bandar Lampung dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah
metode aksidental sampling. Hasil Reliabilitas untuk semua variabel dalam
kuesioner memberikan statistik cronbach alpha lebih dari 0,6, sehingga kuesioner
dinyatakan reliabel. Data dianalisis melalui penggunaan analisis regresi linier
berganda. Dari hasil uji t, fasilitas dan pelayanan berpengaruh dan signifikan
terhadap kepuasan konsumen. Hasil secara simultan dengan uji F menunjukkan
bahwa semua variabel independen (Fasilitas dan Pelayanan) berpengaruh
signifikan tehadap variabel dependen (Kepuasan Konsumen). Nilai koefisien
determinasi (R2) sebesar 0,892 yang menunjukkan bahwa 89,2% kepuasan
konsumen dipengaruh oleh variabel-variabel independen. Jadi, itu berarti variabel
fasilitas dan pelayanan berkontribusi tinggi pada kepuasan konsumen, sedangkan
sisanya sebesar 10,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata kunci : Fasilitas, Pelayanan, Kepuasan Konsumen
Tidak tersedia versi lain