(E-SKRIPSI) PENGARUH IMPLEMENTASI PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA BANDAR LAMPUNG
Yeti Salviyana, NPM. 14118040, dengan judulPengaruh Implementasi pelayanan kartu tanda penduduk (KTP) terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana Implementasi pelayanankartu tanda penduduk(KTP) terhadap kepuasan masyarakat Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung. (2) Bagaimana kepuasan masyarakat terhadap layanan kartu tanda penduduk(KTP) Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode explanatory survey, sesuai dengan tujuan penelitian ini yang akan menganalisis pengaruh variabel Implementasi pelayanan KTPsebagai variabel bebas terhadap Kepuasan masyarakatsebagai variabel terikat. Pendekatan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif diarahkan untuk mampu mengungkap secara komprehensif pengaruh implementasi pelayanan dan kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung.
HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaImpelementasi pelayanankartu tanda penduduk (KTP) berpengaruhterhadapkepuasan masyarakatpada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung. Impelementasi pelayanantersebutberada pada kategori cukupbaik, yang berartibahwapelaksanaaniplementasi pelayanan telah di lakukan, namun belum terwujud sebagaimana yang diharapkankarenakepuasan masyarakat masih terkendala berbagai masalah, salah satunya yaitu karena kekurangan blangko kartu tanda penduduk (KTP) dari yang diharapkan, kemudian seringnya terlambat dalam pengiriman tersebut, sehingga membuat masyarakat merasa relatif kurang puas atas pelayanan tersebut, namun ada juga masyarakat yang menyadari hal tersebut bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung relatif sudah baik, karena perekaman data penduduk sudah berjalan sebagaimana yang diharapkan, hanya terkendala peda blangko yang sering terlambat pengirimannya sehingga pegawai pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung, tidak dapat memberikan waktu yang pasti dalam penyelesaian pengurusan kartu tanda penduduk (KTP).Belum optimalnya kepuasan masyarakat secara merata, hal ini karena masih ada variabel lain yang mempengaruhi tetapi tidak diteliti.
Kata Kunci: Pelayanan, Penduduk, Kepuasan
Tidak tersedia versi lain