(E-SKRIPSI) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MEMBAYAR PAJAK (Studi pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bengkulu dan Lampung)
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana strategi
komunikasi Direktorat Jenderal Pajak Bengkulu Dan Lampung dalam
meningkatkan kesadaran membayar pajak?”
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi komunikasi yang
digunakan Direktorat Jenderal Pajak Bengkulu dan Lampung dalam
meningkatkan kesadaran membayar pajak, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor
apa saja yang menjadi pendorong dan penghambat dalam strategi komunikasi
Direktorat Jenderal Pajak dalam meningkatka kesadaran membayar pajak, (3)
Untuk mengetahui bagaimana media massa mampu meningkatkan kesadaran
membayar pajak pada masyarakat Bandar Lampung.
Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan observasi
lapangan yaitu dengan melihat cara kerja Humas Direktorat Jenderal Pajak
Bengkulu dan Lampung, kemudian wawancara kepada setiap informan peneliti
dengan mengambil populasi dan sampel staf Humas dan masyarakat serta
melakukan dokumentasi dengan pengambilan data secara langsung.
Hasil penelitian di Direktorat Jenderal Pajak Bengkulu dan Lampung,
strategi komunikasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak Bengkulu dan
Lampung dalam meningkatkan kesadaran membayar pajak dilakukan melalui
melalui media massa seperti media cetak, media elektronik, dan media online,
selain itu faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan strategi komunikasi yang
dilakukan olh Direktorat Jenderal Pajak Bengkulu dan Lampung dan strategi
melalui media massa mampu meningkatkan kesadaran membayar pajak.
Kata Kunci : Strategi, Media Massa, Kesadaran.
Tidak tersedia versi lain