(E-SKRIPSI) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KARTU SMARTFREN PADA GALERI RADEN INTAN BANDAR LAMPUNG
Penelitian ini bertujuan menggambarkan strategi komunikasi pemasaran yang
dilakukan oleh Galeri Smartfren Raden Intan dalam meningkatkan jumlah konsumennya
berdasarkan teori Kotler yaitu bauran pemasaran yang terdiri dari empat P (4P) yaitu
product (produk), price (harga), place (tempat) dan promotion (promosi) serta bauran
promosi meliputi periklananan, personal selling, humas/publisitas, promosi penjualan,
dan direct marketing. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian
deskriptif yang melukiskan fakta secara faktual dan cermat serta penelitian kualitatif yang
berarti menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat diperoleh dengan cara
statistik atau pengukuran. Penelitian ini mendeskripsikan strategi pemasaran yang
dilakukan oleh customer service.
Data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan supervisor
customer service dan customer service sebagai key informan dan beberapa konsumen
sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan penjualan kartu
Smartfren di Galeri Smartfren Raden Intan selalu meningkat dan dalam memasarkan
kartu Smartfren adalah dengan menggunakan strategi 4P dan mixpromotion (bauran
promosi) serta peningkatan pelayanan (customer relations).
Kata Kunci: Strategi,Pemasaran, Smartfren
Tidak tersedia versi lain