(E-SKRIPSI) STRATEGI MARKETING COMMUNICATION PADA PROSES REBRANDING INEWSTV
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana iNewsTV memilih melakukan
rebranding untuk memposisikan kembali identitas brand mereka dibenak
masyarakat, agar terciptanya image baru yang dapat meningkatkan ekuitas brand
iNewsTV. Pada proses rebranding yang terjadi, iNewsTV menggunakan strategi
marketing communication dalam menyikapi respon publik yang ada, dimana
iNewsTV menyadari identitas brand berperan sangat vital bagi kelangsungan bisnis
perusahaan untuk bersaing ditengah persaingan industri media yang semakin ketat.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif
kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap key
informan yaitu marketing communication team iNewsTV yang secara teknis memang
sangat terlibat dalam proses rebranding yang terjadi, untuk memperoleh fakta dan
data yang akurat mengenai strategi marketing communication pada proses rebranding
iNewsTV. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi marketing communication
yang dilakukan dalam proses rebranding merupakan pilihan yang sangat tepat,
dimana strategi ini berhasil meningkatkan image dan juga mengembalikan
kemampuan iNewsTV untuk bersaing. Keberhasilan yang diperoleh terlihat dari
peningkatan jumlah pengiklan serta rating iNewsTV yang sempat berada diposisi
puncak riset Neilsen. Hal ini menunjukan kembalinya kepercayaan masyarakat dan
pengiklan akan perubahan positif yang terjadi sehingga membentuk image baik yang
mempengaruhi ekuitas brand pada iNewsTV.
Kata Kunci: Brand Equity, Rebranding, Strategi Marketing Communication
Tidak tersedia versi lain