(E-SKRIPSI) KOMUNIKASI TERAPEUTIK ANTARA PERAWAT DENGAN PASIEN DALAM MEMOTIVASI KESEMBUHAN PASIEN (Studi Kasus di Ruang Penyakit Dalam RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung)
Setiap aktivitas selalu menggunakan komunikasi, baik pada saat seharihari maupun dalam sebuah profesi, khususnya pada profesi
keperawatan,komunijasi bertujuan memotivasi pasien untuk sembuh dari
penyakitnya, yang disebut dengan komunikasi terapeutik. RSUD Dr. A. Dadi
Tjokrodipo adalah salah satu rumah sakit pemerintah di Provinsi Lampung.
Sebagian perawat di rumah sakit ini sudah melaksanakan komunikasi terapeutik,
namun ada juga perawat yang belum menerapkan komunikasi terapeutik. Hal ini
dapat mengakibatkan pasien merasa frustrasi, depresi, ketakutan, tidak percaya
diri atau bahkan mungkin menjadi marah, sehingga pasien tidak mempunyai
motivasi untuk sembuh dari penyakitnya.
Jenis penelitian kualitatif, dengan sterategi komunikasi terapeutik antara
perawat dengan pasien dalam motivasi kesembuhan pasien. Jenis data yang
digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan cara observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat dianalisa dengan teknik reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Lokasi penelitian di
ruang rawat inap penyakit dalam RSUD. Dr. A. Dadi Tjokrodipo pada bulan Mei
s/d Juli 2017.
Hasil penelitian didapatkan bahwa, komunikasi yang berlangsung antara
perawat dan pasien di RSUD. Dr. A. Dadi Tjokrodipo, adalah komunikasi
terapeutik yang bersifat interpersonal atau komunikasi antarpribadi, karena
komunikasi antara perawat dan pasien yang dilakukan langsung bertatap muka
secara verbal maupun non verbal. Komunikasi yang dilakukan perawat sudah
baik, namun masih ada perawat yang belum maksimal menerapkan komunikasi
terapeutik tersebut. Sebagian besar pasien dapat termotivasi untuk sembuh dari
penyakitnya, namun masih ada beberapa pasien yang tidak termotivasi untuk
sembuh dari penyakitnya.
Kata Kunci : Komunikasi Terapeutik, Motivasi, Perawat, Pasien.
Tidak tersedia versi lain