(E-SKRIPSI) STRATEGI MENAIKAN RATING NET. TV PADA PROGRAM ACARA “INI TALKSHOW”
Penelitian ini berjudul Strategi Menaikan Rating NET. TV Program Acara
“Ini Talkshow”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi-strategi
yang digunakan sebagai upaya menaikan rating pada program acara “Ini
Talkshow” di NET. TV dan mampu memberikan pembelajaran, inspirasi dan ide
bagi penulis dan pembaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik
pengumpulan data. Selanjutnya dalam penelitian tersebut diidentifikasi strategi –
strategi yang digunakan dalam program acara “Ini Talkshow” dalam melakukan
persaingan program acara sebagai upaya menaikan rating.
Penelitian ini juga menggunakan beberapa kajian teori sebagai pendukung
dan memperkuat hal – hal yang telah diteliti serta tujuan dari penelitian ini.
Seperti teori komunikasi massa, teori usses and gratification, dan teori rating guna
mencapai keberhasilan suatu program acara. Teori usses and gratification yang
dipakai dalam penelitian ini adalah milik Herbert Blumer dan Elihu Katz pada
tahun 1974, dimana pengguna media (audien) berperan aktif untuk memilih dan
menggunakan media tersebut. Pada teori ini jelas bahwa pengguna media
dianggap pintar dan punya peran aktif untuk mencari sumber media yang paling
baik dalam usaha memenuhi kebutuhannya.
Setelah dilakukan analisis dikemukakan bahwa televisi NET. yang
terbilang masih baru, dituntut mampu bersaing dengan stasiun televisi lainnya
dengan menggunakan strategi-strategi program acara (perencanaan, produksi, dan
penayangan) dan pemasaran (segmentasi, target dan posisi) untuk memproduksi
suatu program acara. Terpenting juga yaitu kesuksesan dapat diraih karena adanya
kerjasama tim dan kekuatan tim yang solid untuk memproduksi acara “Ini
Talkshow”.
Kata kunci: Strategi,Rating, Program Acara“Ini Talkshow”
Tidak tersedia versi lain