(E-SKRIPSI) STRATEGI PENINGKATAN CITRA PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DIVRE IV TANJUNGKARANG MELALUI PROGRAM RAIL CLINIC
Citra Kereta Api Indonesia (Persero) Divre IV Tanjungkarang yang tidak selalu
baik yang disebabkan oleh berbagai hal. Ada beberapa orang yang merasa terganggu
dengan kereta api yang sering melewati pemukiman warga, mulai dari merasa
terganggu karena suaranya yang bising, mengeluhkan debu yang ada saat kereta api
lewat yang dapat mengganggu kesehatan sampai adanya insiden-insiden yang
membahayakan perjalanan kereta api oleh oknum yang tidak diketahui. Untuk
membangun citra perusahaan dilakukan suatu upaya melalui program Corporate
Social Responsibility (CSR) salah satunya yaitu program Rail Clinic. Penelitian
kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengungkap lebih
mendalam mengenai strategi program Rail Clinic PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
Divre IV Tanjungkarang. Penelitian yang dilakukan oleh penulis ditinjau berdasarkan
teori ilmu komunikasi dengan menggunakan konsep public relations dan citra.
Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer
diperoleh melalui observasi lapangan dan wawancara mendalam. Sedangkan data
sekunder diperoleh melalui dokumentasi seperti foto, dokumen perusahaan, dan
website perusahaan. Analisis data dilakukan dengan mereduksi semua catatan
lapangan, menyajikan data dalam bentuk deskripsi sesuai dengan keadaan lapangan,
dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Rail Clinic PT. Kereta Api
(Persero) Divre IV Tanjungkarang dapat digunakan dalam upaya meningkatkan citra
perusahaan. Pelaksanaan Rail Clinic yang sudah melayani beberapa stasiun dengan
rata-rata warga yang datang berjumlah dua ratus (200) orang pada setiap stasiun
untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis sehingga warga sekitar dapat
terbantu dengan adanya program Rail Clinic. Kata Kunci: Strategi, Rail Clinic, Corporate Social Responsibility, Citra
Tidak tersedia versi lain