(E-SKRIPSI) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA INDONESIA II (PERSERO) CABANG PANJANG DALAM MENINGKATKAN PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG PT PELABUHAN JUMLAH PENGGUNA JASA
Persaingan antar pelabuhan yang semakin ketat dan gencar memaksa
perusahaan jasa kepelabuhan untuk melakukan berbagai upaya pemasaran, salah
satu cara yang dilakukan melalui komunikasi pemasaran yang bertujuan untuk
meningkatkan jumlah pengguna jasa. Salah satu perusahaan penyedia jasa
kepelabuhan di Bandar Lampung dan menjadi objek penelitian penulis adalah PT
Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang. Penelitian kualitatif deskriptif
ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengungkap lebih mendalam mengenai
komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)
Cabang Panjang. Penelitian yang dilakukan oleh penulis ditinjau berdasarkan teori
ilmu komunikasi dengan menggunakan konsep komunikasi pemasaran, public
relations, dan marketing public relations.
Pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan Oktober 2017 sampai dengan
bulan Februari 2018. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data
sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi lapangan dan wawancara
mendalam. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi seperti foto,
dokumen perusahaan, dan media sosial perusahaan. Analisis data dilakukan
dengan mereduksi semua catatan lapangan, menyajikan data dalam bentuk
deskripsi sesuai dengan keadaan lapangan, dan menarik kesimpulan. Pola analisis
ini berlangsung selama proses penelitian di lapangan berlangsung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang
dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang dalam upaya
meningkatkan jumlah pengguna jasa yaitu dengan melakukan kegiatan customers
gathering, customers meeting, customers visit, port visit, media gathering,
customers award, melakukan publikasi ke media yang bekerjasa dengan
perusahaan dan media sosial perusahaan yang merupakan salah satu bentuk
promosi perusahaan.
Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Hubungan Masyarakat, Pengguna
Jasa
Tidak tersedia versi lain