(E-SKRIPSI) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DAN KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN PADA WAROENG DIGGERS LAMPUNG
Komunikasi pemasaran merupakan salah satu proses yang tidak lepas dari
bisnis kuliner dalam mencapai suatu tujuan. Waroeng Diggers merupakan salah
satu bisnis kuliner yang menerapkan kegiatan komunikasi pemasaran dan
melakukan pengembangan produk untuk meningkatkan jumlah pelanggan.
Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk mengungkap lebih dalam
mengenai strategi komunikasi pemasaran dan pengembangan produk apa saja
yang telah dilakukan oleh Waroeng Diggers. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu menggunakan teori fenomenologi dan teori dramaturgi serta
menggunakan beberapa konsep antara lain komunikasi pemasaran, komunikasi
kelompok, komunikasi interpersonal dan pengembangan produk.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2017 sampai dengan Februari
2018. Data yang diperoleh peneliti terdiri dari data primer dan data sekunder. Data
primer diperoleh melalui observasi lapangan dan wawancara mendalam dengan
informan. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi berupa foto,
media sosial, dan website. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Waroeng Diggers Lampung dalam
melakukan strategi komunikasi pemasaran bisnis kuliner menggunakan konsep
bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, dan promosi yang bertujuan untuk
meningkatkan jumlah pelanggan. Selain itu dalam melakukan pengembangan
produk, Waroeng Diggers mengikuti perkembangan mode dan mengganti menu
lama menjadi menu baru dengan tampilan dan rasa yang baru.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Pengembangan Produk, Bauran Pemasaaran,
dan Waroeng Diggers
Tidak tersedia versi lain