(E-SKRIPSI) ANALISIS FRAMING MEDIA ONLINE LAMPOST.CO (Studi Kasus Pemberitaan Pemilihan Calon Gubernur Lampung Periode 2018)
Media online merupakan salah satu media baru yang mempunyai banyak
kelebihan dalam menyampaikan berita ke khalayak, salah satunya yaitu kecepatan
penyampaian berita.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis framing berita Pemilihan
Gubernur Lampung yang dipublikasi Lampost.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigm
konstruksionis, dimana data diinterpretasi sesuai teori framing. Penelitian ini
berfokus pada pembingkaian berita Pilkada Gubernur Lampung yang
dipublikasikan oleh media online Lampost.co. Pendekatan metode penelitian ini
adalah analisis framing Pan dan Kosicki. Kerangka berita yang dianalisis adalah
(a) struktur sintaksis, cara wartawan menyusun fakta; (b) struktur skrip, cara
wartawan mengisahkan fakta; (c) struktur tematik, cara wartawan menulis fakta;
(d) struktur retoris, cara wartawan menekankan fakta.
Dari hasil penelitian terbukti keberpihakan dari katagori isu program kandidat,
terdapat beberapa katagori pemberitaan antara lain, isu program kandidat,
pelanggaran, kegiatan wajib para calon, dan opini simpatisan pada pemberitaan
Pilkada Gubernur Lampung. Pembingkaian tersebut dianalisis melalui model Pan
dan Kosicki.
Kata Kunci : Framing, Media Online, Berita
Tidak tersedia versi lain