(E-SKRIPSI) SOSIALISASI PROGRAM KEMITRAAN JAHITAN PT.GREAT GIANT PINEAPPLE DI KAMPUNG LEMPUYANG BANDAR
Community relation departement (CRD) melihat antusias masyarakat
sekitar untuk bekerja di PT. Great Giant Pineapple (PT. GGP), namun PT. GGP
tidak bisa merekrut semua masyarakat karena memiliki standar dalam merekrut
tenaga kerja. Banyaknya masyarakat yang ingin melamar pekerjaan adalah kaum
wanita. PT. GGP melihat ibu-ibu tidak bekerja hanya menjadi ibu rumah tangga,
maka CRD membuat program kemitraan jahitan dengan menggandeng kelompok
ibu-ibu PKK disekitar perusahaan. Disisi lain ibu-ibu itu ingin bekerja untuk
membantu perekonomian keluarganya. Alasan inilah yang menjadi motivasi bagi
ibu-ibu kampung Lempuyang Bandar mengikuti kemitraan jahitan yang
merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) PT.GGP.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam apa saja
yang dilakukan oleh CRD PT. GGP dalam mensosialisasikan program kemitraan
jahitan di kampung Lempuyang bandar dengan menggunakan manajemen POAC
(planning, organizing, actuating, dan controlling). Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan sosialisasi program kemitraan jahitan
yang dilakukan dengan manajemen POAC karena keterlibatan CRD sebatas
bertemu dengan kepala kampung (top down) dan tidak menggunakan media massa
dalam menyebarkan informasi tentang kemitraan jahitan, sehingga jumlah
anggota yang bergabung masih sedikit. Persepsi masyarakat kampung Lempuyang
Bandar terhadap kemitraan jahitan kurang baik dilihat dari masyarakat yang
sudah tergabung menjadi anggota masih sedikit dan banyak masyarakat yang
belum mengetahui adanya program kemitraan jahitan PT.GGP di kampungnya.
Kata Kunci : CSR, Kemitraan, Manajemen POAC, Sosialisasi,
Tidak tersedia versi lain