(E-SKRIPSI) ANALISIS STRATEGI BISNIS UMKM UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING YANG BERKELANJUTAN (STUDI PADA USAHA RUMAH MAKAN BU TIN DI BANDAR LAMPUNG)
Rumah Makan Bu Tin adalah salah satu usaha mikro kecil dan menengah
(UMKM) yang berada di wilayah Kemiing, Bandar Lampung. Dalam
menjalankan usahanya Rumah Makan Bu Tin mengalami persaingan yang cukup
ketat. Sehingga untuk menghadapi persaingan dibutuhkan strategi-strategi yang
dapat meningkatkan daya saing yang berkelanjutan.
Masalah yang dihadapi oleh Rumah Makan Bu Tin di Bandar Lampung
adalah jumlah konsumen yang mengalami naik turun setiap bulannya sehingga hal
tersebut berdampak pada jumlah pendapatan. Maka permasalahan yang dialami
oleh perusahaan adalah “Strategi bisnis apa yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan daya saing yang berkelanjutan pada Rumah Makan Bu Tin di
Bandar Lampung ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
strategi bisnis apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya saing yang
berkelanjutan pada Rumah Makan Bu Tin di Bandar Lampung.
Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan Eksploratif Kualitatif
maka strategi yang dapat diterapkan adalah strategi generik yaitu keunggulan
biaya, diferensiasi, dan fokus. Sedangkan hasil analisis dengan VRIO adalah
terdapat 6 sumber daya dan 10 kapabilitas yang memiliki potensi dasar untuk
memfomulasikan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
Kata Kunci : Strategi bisnis, daya saing, strategi generik, Eksploratif Kualitatif,
diferensiasi, VRIO.
Tidak tersedia versi lain