Perpustakaan Pusat UBL

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • ejurnal
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

(E-SKRIPSI) MENGGUNAKAN PENERAPAN MATERIAL BAMBU PADA SEKOLAH ALAM

ANNISA NUR KARTIKA PITOYO - Nama Orang;

Sekolah Alam adalah fasilitas pendidikan dengan konsep pengembangan pendidikan
secara alami. Keunikan Sekolah Alam dibandingkan dengan sekolah konvensional
adalah pada elemen visualspasial, kinestetik, dan naturalis. Sekolah Alam ini dirancang
memiliki fasilitas khusus yaitu lahan kebun siswa dan area pertunjukkan untuk
mendukung program kurikulumnya. Konsep sekolah ini mengedepankan alam sebagai
inspirasi siswa yang diwujudkan dalam perancangan bangunan yang terintegrasi dengan
ruang luar.
Penerapan bambu sebagai bahan bangunan telah dikenal lama oleh masyarakat
Indonesia. Dalam perkembangannya bambu telah digunakan mulai sebagai konstruksi
utama bangunan hingga sebagai selubung bangunan baik dinding maupun atap. Dan
bambu juga diterapkan mulai sebagai elemen struktural hingga elemen arsitektural.
Karakteristik bambu yang sangat baik untuk konstruksi bentang lebar.
Sekolah alam sebagai media baru dalam pendidikan anak membutuhkan konstruksi
bentang lebar pada ruang-ruangnya untuk menciptakan suasana yang tetap leluasa
meskipun berada dalam ruangan. Penggunaan bahan alami seperti bambu sejalan
dengan program yang diterapkan pada sekolah alam.
Metode programatik digunakan pada analisis untuk mendapatkan hasil yang sistematis,
rasional, dan analitis yang diterapkan pada analisis fungsi dan pelaku, kebutuhan ruang,
tapak, dan konstruksi bangunan. Pada proses ini dilakukan analisis kualitatif ataupun
kuantitatif untuk mendapatkan sintesis sebagai konsep dasar perancangan bangunan.
Pada tahap perancangan, dimulai dengan konsep desain dengan dasaran dari sintesis
yang telah didapat dari proses sebelumnya. Konsep diaplikasikan dengan metode intuitif
dengan tetap mengikuti batasan-batasan yang telah ditetapkan. Tahapan ini dibagi
dalam tahap pra-rancang (konsep desain) dan rancang (hasil desain). Perancangan
meliputi penataan tapak dan massa bangunan, konstruksi bangunan, sambungan,
pencegahan kebakaran, instalasi listrik, telekomunikasi, air bersih dan air kotor.

Kata Kunci: penerapan, bambu, sekolah alam, Bandar Lampung


Ketersediaan
#
Perpustakaan Pusat UBL (Di Rak Kelas 600) REF 620 ANN m 17029
FT 17029
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
REF 620 ANN m
Penerbit
Universitas Bandar Lampung : Fakultas Teknik UBL., 2017
Deskripsi Fisik
127 hlm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
620
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Teknik Arsitektur
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Shofia Islamia Ishar,ST.,MT
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pusat UBL
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?