Perpustakaan Pusat UBL

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • ejurnal
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

(E-SKRIPSI) PORTAL LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT ONLINE DI KECAMATAN KEDATON BANDAR LAMPUNG

Tika Anggraini - Nama Orang;

Pengaduan masyarakat adalah bentuk penerapan dari pengawasan masyarakat
yang disampaikan oleh masyarakat kepada aparatur pemerintahan terkait berupa
sumbangan pikiran suara, gagasan ,keluhan, pengaduan, yang bersifat membangun.
Saat ini Kantor Kecamatan Kedaton menerima pengaduan masyarakat melalui kotak
pengaduan dan butuh waktu yang lama untuk menyampaikan pada setiap petugas
sesuai kategori pengaduan. Cara tersebut dapat dikatakan kurang efektif karena
masyarakat ingin pengaduannya segera ditanggapi oleh setiap petugas sesuai kategori
pengaduan. Berdasarkan Pasal 36 dan 37 Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009
tentang Pelayanan Publik mengamanatkan penyelenggara wajib memberikan akses
seluas luasnya kepada masyarakat untuk memberikan masukan kepada penyelenggara
atas pemberian layanannya. Maka dari itu, pengelolaan pengaduan harus dikelola
dengan baik yaitu antara lain menyediakan sarana pengaduan, menugaskan pelaksana
yang berkompeten, menangani pengaduan dan menindaklanjuti pengaduan. Sistem
Informasi berbasis web adalah jawaban atau solusi atas permasalahan di atas. sistem
ini merupakan integrasi pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara berjenjang
pada setiap penyelenggara dalam kerangka sistem informasi pelayanan publik.
Portal layanan pengaduan masyarakat ini akan dikembangkan berbasis online
dengan metodologi Unified Modeling Language (UML). Unified Modeling Language
merupakan metode pengembangan perangkat lunak (sistem informasi) dengan
menggunakan metode grafis serta merupakan bahasa untuk visualisasi, spesifikasi,
konstruksi serta dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan sistem informasi pengaduan layanan
masyarakat berbasis online pada Kantor Kecamatan Kedaton Bandar Lampung ini
sistem informasi yang memiliki beberapa fitur untuk menampilkan data-data
pengaduan masyarakat dan informasi berita sehingga masyarakat akan lebih terbantu
dalam layanan pengaduan yang ingin disampaikan.
.
Kata Kunci : Sistem Informasi, Pengaduan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Pusat UBL (Lokasi Rak 000) REF 004 TIK p 17011
FIK SI 17011
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
REF 004 TIK p
Penerbit
Universitas Bandar Lampung : Fakultas Ilmu Komputer UBL., 2017
Deskripsi Fisik
154 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
004
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
FIK SI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Iing Lukman
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pusat UBL
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?