Perpustakaan Pusat UBL

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • ejurnal
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

(E-SKRIPSI) ANALISA PENGARUH BENTUK TREAD PATTERN TERHADAP DAYA CENGKRAM BAN PADA PERMUKAAN JALAN ASPAL ( Tugas Akhir )

Lenzar Vectra - Nama Orang;

Peranan Ban pada setiap kendaraan bermotor sangatlah penting, dan sangat
berguna untuk mengurangi getaran yang disebabkan oleh permukaan jalan. Ban
adalah komponen dari sebuah kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan. Saat kita sedang mengendarai kendaraan, ban juga akan melindungi roda dari
keausan dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan
kondisi permukaan jalan untuk meningkatkan kecepatan dan mempermudah
pergerakan atau pergesekan antara ban dengan permukaan jalan. Ban adalah salah
satu komponen kendaraan yang memiliki fungsi yang sangat vital, selain
pengendali arah kendaraan ban juga berfungsi sebagai penaggung berat beban
kendaraan termasuk penumpangnya hal ini sangat mempengaruhi kestabilan dan
performa ban saat digunakan sehingga diperlukan ketepatan dalam pemilihan ban
untuk kendaraan. Penelitian dengan judul “Analisa Pengaruh Bentuk Tread
Pattern Terhadap Daya Cengkram Ban Pada Permukaan Jalan Aspal”, memiliki
rumusan masalah bagaimana pengaruh bentuk tread pattern terhadap daya
cengkram ban di jalan aspal dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh tread pattern terhadap daya
cengkram ban pada permukaan aspal dan mengetahui seberapa besar pengaruh
konsumsi bahan bakar pada sepeda motor berkapasitas mesin 110cc bertrasmisi
manual. Penelitian ini menggunakan metode uji gesek pada tread pattern dengan
cara dilakukan dilakukan dengan menjalakan kendaraan hingga kecepatan yang
telah ditentukan lalu melakukan pengereman secara total. Berdasarkan hasil
analisa data aktual yang dilakukan, diperolah kesimpulan bahwa pengaruh tread
pattern dengan menggunakan dua jenis ban yang sama yaitu ban bias tipe cruiser
dapatkan hasil jarak pengereman yang baik dan stabil menggunakan ban corsa
se30 di banding dengan ban irc nr72.
Kata Kunci : ban; tread pattern; uji gesek.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Pusat UBL (Di Rak Kelas 600) REF 620 LEN a 17060
FT 17060
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
REF 620 LEN a
Penerbit
Universitas Bandar Lampung : Fakultas Teknik UBL., 2017
Deskripsi Fisik
52 hlm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
620
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Teknik Mesin
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ir. Indra Surya,M.T
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pusat UBL
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?