(E-SKRIPSI) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA TOUR GUIDE (Prototype Gedung Universitas Bandar Lampung)
Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda
maya dua atau tiga dimensi kedalam lingkungan nyata. AR memiliki banyak
manfaat pada berbagai bidang seperti pembelajaran dan hiburan. Adapun tujuan
dari penelitian ini adalah membuat aplikasi layaknya tour guide atau seseorang
yang bertugas memberikan informasi mengenai tempat atau objek wisata, peneliti
mengimplementasikan Augmented Reality dengan menjadikan tempat sebagai
marker secara langsung tanpa menggunakan marker berupa kertas. Pengguna
dapat mengetahui informasi dengan mengarahkan kamera pada aplikasi ke tempat
wisata dan aplikasi akan menampilkan informasi berupa teks dan audio, tempat
wisata yang peneliti maksud adalah berupa tempat-tempat bersejarah seperti
museum, candi dan lain-lain. Hanya saja untuk mengetahui apakah konsep
augmented reality dapat diterapkan jika yang dijadikan marker adalah objek atau
tempatnya langsung, peneliti membuat sebuah prototype yaitu gedung-gedung
pada kampus A Universitas Bandar Lampung yang mana dari setiap gedung
peneliti gambarkan sebagai tempat-tempat bersejarah. Dari penelitian yang
dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa konsep AR dapat diterapkan,
dikarenakan aplikasi yang dibuat dapat menampilkan informasi virtual dari
masing-masing gedung, tapi ada dua faktor yang sangat berpengaruh dalam
memudahkan pengguna mendeteksi gedung, yaitu cahaya dan rating gedung
sebagai marker.
Kata Kunci: augmented reality, marker, prototype , virtual, rating.
Tidak tersedia versi lain