(E-SKRIPSI) PENGENALAN GERAKAN TARI SIGEH PENGUTEN MENGGUNAKAN METODE HIDDEN MARKOV MODEL (HMM) UNTUK PEMBELAJARAN PADA KARAKTER 3 DIMENSI
Budaya merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh sebuah kelompok
orang yang diwariskan secara turun-temurun. Diantara berbagai macam
keberagaman budaya yang ada di Indonesia, kesenian budaya merupakan salah satu
kekayaan budaya yang dikagumi oleh Negara lain, seperti pada Tarian. Tari Sigeh
Penguten merupakan salah satu tari kreasi baru dari daerah Lampung. Tujuan
penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran interaktif serta
melakukan digitalisasi tari Sigeh Pengunten dalam upaya menjaga kelestariannya.
Data gerakan tari Sigeh penguten dari penari professional digunakan sebagai bahan
data pengujian, membuat perancangan aplikasi pengenalan dan transformasi data
yang berupa gerakan dari manusia ke karakter 3D dengan metode Hidden Markov
Model (HMM), serta membuat Perancangan Capture Data Secara Streaming
menggunakan Kamera Depth Sensor Kinect V2. Dengan adanya sistem ini dapat
membantu mempermudah masyarakat Lampung dalam mempelajari gerakan Tari
Sigeh Penguten sebagai media pembelajaran interaktif serta dengan adanya
Simulasi Tari Sigeh Penguten 3 Dimensi dapat melestarikan kesenian budaya
Lampung.
Kata kunci :Tari Sigeh Penguten, Pembelajaran Interaktif, Hidden Markov Model
(HMM) , Kamera Depth Sensor Kinect V2
Tidak tersedia versi lain