(E-SKRIPSI) PENGUJIAN MEKANIS PADA SAMBUNGAN BAJA SILINDER PEJAL DENGAN FRICTION WELDING
Pengelasan gesek merupakan suatu metode penyambungan material yang
memanfaatkan panas yang ditimbulkan dari gesekan permukan antara dua buah
logam. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi putaran yang
digunakan dalam pengelasan gesek terhadap kekerasan rokwel dan uji tarik pada
daerah sambungan. Pengujian ini menggunakan mesin bubut yang sudah di
modifikasi yang menjadi alat las gesek (friction welding). Bahan yang digunakan
baja silinder pejal dengan diameter 12mm. Pengelasan dengan metode friction
welding menggunakan variasi putaran 1800 rpm, dan 1300 rpm, dengan waktu 2
menit, 4 menit, 6 menit dan 10 menit. Setelah pengelasan dilakukan pengujian
pada baja silinder pejal untuk menentukan titik kekerasan. Kemudian dilakuan
pengujian kekerasan dan uji tarik disetiap variasi putaran. Pada putaran 1800
dan 1300 rpm menghasilkan nilai kekerasan yang berbeda. Hasil pengujian
kekerasan di 1800 rpm pada baja silinder menghasilkan nilai kekerasan tertinggi
pada daerah HAZ yaitu 62 HRB sedangakan pada daerah Las nilai kekerasan
tertinggi adalah 66 HRB.Hasil tegangan tarik yang paling tinggi terdapat pada
spesimen dengan waktu pengelasan 6 Menit pada putaran 1800 Rpm dengan nilai
tengangan tarik sebesar 42,11 N/mm2
. Dan nilai tegangan tarik pada
kecepatan1300 Rpm dengan 10 menit memiliki nilai tegangan tarik sebesar 52,91
N/mm2
. Sedangkan yang paling rendah didapat pada spesimen dengan kecepatan
1800 Rpm pada waktu penekanan 2 menit yang memiliki nilai tegangan 17,22
N/mm2
Kata kunci : Friction welding, uji kekerasan rockwel,uji tarik
Tidak tersedia versi lain