(E-SKRIPSI) RANCANG BANGUN APLIKASI KULINER BERBASIS ANDROID DENGAN KONSEP CROWDSOURCING (Studi Kasus : Bandar Lampung)
Kuliner yang ditawarkan dari setiap kota di Indonesia semakin berkembang
dan bervariatif. Mulai dari makanan khas daerah yang bersifat tradisional sampai
makanan cepat saji. Hal ini juga terjadi pada perkembangan smartphone. Kini
mobile phone yang dikenal sebagai smartphone ini tidak hanya digunakan untuk
mengirim pesan atau melakukan panggilan saja, akan tetapi juga digunakan untuk
menemukan lokasi, berbagi foto, bahkan sosial media karena telah dilengkapi
dengan fitur modern, seperti Google Maps. Salah satu sistem operasi yang banyak
digunakan pada smartphone adalah android. Berdasarkan uraian diatas, maka
dikembangkan sebuah aplikasi pencarian lokasi wisata kuliner berbasis android.
Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java dan PHP, Java untuk
pemrograman Android Studio dan JSON untuk menghubungkan Android ke
databasenya dan memanfaatkan fitur Google Maps dan GPS yang dimiliki oleh
sistem operasi android. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi dapat digunakan
sebagai alat untuk melakukan pencarian lokasi kuliner, melakukan pencarian lokasi
kuliner yang terdekat dengan pengguna, berbagi informasi seputaran kuliner oleh
pengguna, dapat menyimpan data diri pengguna, memberikan informasi lengkap
dari masing-masing lokasi kuliner, dapat melakukan panggilan ke nomor telepon
lokasi wisata kuliner dan memberikan petunjuk arah ke lokasi kuliner.
Kata kunci : Kuliner, Smartphone, Android, Java, GPS, Google Maps, JSON,
Crowdsourcing
Tidak tersedia versi lain