(E-SKRIPSI) ANALISA KINERJASIMPANGTAK BERSINYAL (Studi KasusJalan Pagar Alam-Imam Bonjol ) (Studi KasusJalan Pagar Alam-Imam Bonjol )
Simpang merupakan pertemuan atau percabangan jalan, baik sebidang
maupun tak sebidang dan juga bagian tak terpisahkan dari jaringan jalan. Di daerah
perkotaan biasanya banyak memiliki simpang, antara lain simpang bersinyal dan tak
bersinyal. Salah satunya persimpangan tak bersinyal di kemiling Jalan Pagar Alam –
imam Bonjol Bandar Lampung yang sering terjadinya tundaan lalu lintas kendaraan.
Tujuan yang ingin didapat dari penelitian simpang tak bersinyal ini adalah
mengetahui volume, kapasitas, derajat kejenuhan dan tundaan pada simpang tak
bersinyal di jalan Pagar Alam – Imam Bonjol dengan melakukan pengumpulan data
kendaraan. Survey dilakukan selama tiga hari tanggal 26, 28, 29 januari 2018 dihari
jum’at, minggu dan senin. Survey dimulai dari pagi pukul 06.00 – 08.00, siang pukul
12.00 – 14.00 dan sore pukul 16.00 – 18.00.
Pada penelitian ini simpang jalan yang di teliti adalah simpang tiga tak
bersinyal yang berada di jalan Pagar Alam – Imam Bonjol, kelurahan kemiling,
Bandar lampung di dapat volume terbesar 2321smp/jam dan kapasitasnya
3205,307smp/jam dengan derajat kejenuhan 0,72, tundaan lalu lintas simpang 8,25
smp/jam, tundaan lalu lintas jalan utama major 6,21 det/jam, tundaan lalu lintas jalan
minor 14,64 det/jam, tundaan geometric 7,92 det/jam, dan tundaan simpang 16,17
det/jam.
Kata kunci : Analisa, Kinerja, Simpang Tak Bersinyal
Tidak tersedia versi lain