(E-SKRIPSI) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. LAMPUNG DISTRIBUSINDO RAYA (WINGS FOOD) HAJIMENA LAMPUNG SELATAN
PT. Lampung Distribusindo Raya Wings Food Hajimena Lampung Selatan
merupakan distributor produk-produk Wings di Lampung Selatan yang berdiri
sejak 24 Agustus 2006, dalam melaksanakan tugas dalan struktur organisasi
Wings Food dipimpin oleh seorang Manajer yang berada dibawah dan
bertanggung jawab kepada direktur. Sampai saat ini Wings Food telah
memproduksi dan memasarkan lebih dari 40 produk. Dalam memasarkan produk-
produk, perusahaan membagi dalam tiga divisi yaitu :
1. Produk rumah tangga antara lain Wings biru, Ekonomi, Daia, So klin power,
Boom, So Klin Softener, So Klin Lantai Cleaner, Wings Porcelin Cleaner,
Mama Lime, dan lain-lain.
2. Personal Care antara lain Ciptadent, Kodomo, dan Smile Up, Give, Nuvo, Page
One, Emeron, Page One Botanical Shampo, Hers dan lain-lain.
3. Makanan dan Minuman antara lain Jas-Jus, Segar Dingin, Mie Sedaap, Kecap
Sedaap dan lain-lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas
pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Lampung Distribusindo Raya
Wings Food Hajimena Lampung Selatan. Adapun teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah: Observasi, Kuesioner dan Dokumentasi, dalam penelitian ini
penulis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan
pengolahan data, secara umum hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan berdasarkan
hasil uji koefisien korelasi menunjukan bahwa kualitas pelayanan terhadap
loyalitas pelanggan pada PT. Lampung Distribusindo Raya (Wings Food)
hajimena Lampung Selatan sebesar 86,2%.
2. Uji hipotesis yang diajukan dengan menggunakan regresi secara simultan atau
bersama-sama variabel kualitas pelayanan (X) mempunyai pengaruh signifikan
yang memberikan kontribusi sebesar 74,2% terhadap loyalitas pelanggan pada
PT. Lampung Distribusindo Raya (Wings Food) hajimena Lampung Selatan,
sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini,
yang berarti kedua variabel tersebut mempunyai pengaruh yang kuat dan
positif. Dapat ditarik kesimpulan jika kualitas pelayanan tidak dilaksanakan
dengan baik maka akan menurunkan loyalitas pelanggan.
Keyword: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan
Tidak tersedia versi lain